Sensasi Superbike, 'Jeroan' Kawasaki Ninja Dirombak

Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
Sumber :
  • motorbeam

VIVA.co.id - Kawasaki telah meluncurkan update dari varian tertinggi klan motor Ninja. Ya, Ninja ZX-10R terbaru kini hadir dengan banyak penyegaran yang ditanamkan.

Cara Mudah Jadikan R25 dan Ninja 250 Lebih Kencang

Dilansir Motorbeam, Selasa 13 Oktober 2015, Kawasaki menggandeng tim pabrikan World Super Bike (WSB) dan mantan juara dunia Tom Sykes untuk menghadirkan Ninja ZX-10R 2016 dengan banyak penyegaran "cerdas".

Hal baru yang paling mencolok adalah motor yang memang dibuat mirip dengan karakter superbike ini telah menggunakan komponen-komponen terbaik untuk menunjang performanya saat melesat.

Penyegaran yang paling penting tentu pada bagian mesinnya. Revisi mesin Ninja ZX-10R dilakukan pada beberapa bagian. Pertama, penggunaan kepala silinder dan engkol baru yang 20 persen lebih ringan dari sebelumnya. Hal itu akan mengurangi inersia dan membuat putaran jadi lebih cepat.

Port intake juga didesain ulang, sehingga dapat meningkatkan aliran udara dan bahan bakar. Piston juga dibuat lebih pendek 1,5 milimeter dan lebih ringan 5 gram, namun menggunakan dinding yang lebih tebal. Dengan beberapa revisi ini, Ninja ZX-10R dapat menyemburkan tenaga sebesar 210 PS.

Knalpot juga direvisi, di mana kepala saluran pembuangan itu dibuat lebih lebar dengan menggunakan bahan titanium. Pemilihan titanium ini tentu untuk membuat bobotnya lebih ringan.

Instrumen elektronik juga tak lolos dari revisi. Kawasaki Ninja ZX-10R sekarang juga menggunakan instrumen elektronik terbaik dan mumpuni seperti yang ditanamkan pada para rivalnya seperti Yamaha R1 dan Aprilia RSV4 RF.

Beberapa fitur dengan teknologi tinggi dan canggih seperti Sport Kawasaki Traction Control System (S-KTRC), Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Intelligent Anti-Lock Braking System (KIBS), Kawasaki Quick-shifter (KQS), dan Kawasaki Engine Brake Control (KEBC) disematkan.

Hal baru juga ditanamkan pada sistem suspensi dan pengereman setelah Kawasaki Showa. Perbedaan mencolok yang dapat dilihat terletak pada suspensi bagian depan, di mana fork 43 mm USD kini disuntik gas nitrogen. Hal itu dilakukan untuk memberikan keseimbangan penuh untuk motor bengis ini.

Sementara itu, di bagian belakang digunakan monoshock Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC). Untuk pengereman dipercayakan pada produk Brembo. Perombakan juga dilakukan pada gaya dan sasis meski terlihat samar.

Untuk harga, Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 akan hadir dalam 4 varian. Yang standar di harga US$14.999 (non-ABS) dan US$15.999 (ABS). Ada juga varian special edition yang dihargai US$15.299 (non ABS) dan US$16.299 (ABS).

Ninja H2 Boleh Dicicil, Tapi Bayar Uang Muka Dulu Rp235 Juta
Logo Kawasaki.

Kawasaki Siapkan Penantang Honda CBR250RR, Mesin 4 Silinder

Sudah ada dalam bentuk prototipe. Siap dipamerkan di Tokyo Motor Show.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016