Motor NMax 125 Justru Tak Dijual di Indonesia, Kenapa?

Yamaha Nmax 125.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2015 yang berlangsung di Big Sight, Tokyo, Jepang menjadi ajang pamer produk terbaru ataupun kendaraan masa depan alias konsep, termasuk sepeda motor.

Di hajatan dua tahunan itu, turut andil skuter matik yang dibuat di Indonesia melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yaitu NMax. Namun skutik dengan bodi bongsor ini bukanlah NMax yang telah beredar dijalanan aspal Tanah Air yang mengusung mesin 150cc, melainkan mesin 125cc.

Rencananya, NMax 125 yang bakal diproduksi di Pulogadung, Jakarta Timur itu dijual untuk eskpor, khususnya pasar Eropa dan Jepang. Lantas mengapa Yamaha Indonesia tak menjualannya untuk konsumen di Indonesia?

Menanggapi hal itu, Asissten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur ikut angkat bicara. Kata Masykur, ini tak lain karena skutik bermesin kecil memang digandrungi pasar Eropa.

"Di Eropa sendiri mesin paling banyak dicari mesin 50cc atau juga 125cc. Karena digunakan untuk harian,” kata Masykur saat ditemui di Pangandaran, Jawa Barat, Jumat malam 6 November 2015.

Masykur juga menyatakan, pilihan mesin kecil di Eropa tak lain karena terkait pajak dan juga aturan berbeda dalam memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Jika NMax 125 dijual di Indonesia, Masykur mengakui bahwa konsumen di Indonesia selalu kritis serta merasa tak puas akan sebuah kendaraan yang memiliki bodi sama namun mesin berbeda.

"Nanti ada yang sudah enak pakai 150, trus pindah ke 125, eh dibilangnya tidak ada tenaganya. Serba salah juga,” ucapnya.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Selain itu, Masykur menegaskan, bahwa untuk mesin 125, Yamaha telah memiliki beberapa skutik yang telah dijual. Dan itu mengusung mesin 125 blue core. “Jadi takut jeruk makan jeruk,” sebutnya.

Seperti diketahui, Yamaha NMax 125 yang hadir di TMS 2015 memang terlihat sama dengan NMax 150. Dibalut dengan tampilan kelir Supreme Gunmetal, bodi NMax 125  memiliki dimensi panjang 1.955mm, lebar 740mm dan tinggi 1.115mm serta bobotnya mencapai 127 kg.

Untuk jantung pacu, NMax 125 disematkan mesin satu silinder berkapasitas 125cc , fuel injection 4-stroke, berpendingin cair yang mampu menghasilkan daya 12 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 11.7 Nm pada 7.250 rpm.

Karena sesuai standar keamanan Eropa dan Jepang, tentunya skuter matik ini disematkan system pengereman anti-lock braking system (ABS).

Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016