Hati-hati, Banyak Beredar Helm Kedaluwarsa

Helm wanita
Sumber :
  • http://intipslagi.blogspot.com/

VIVA.co.id - Pentingnya fungsi helm saat berkendara membuat pabrikan 'pelindung kepala' maju pesat. Beragam model helm sengaja dihadirkan demi menarik minat konsumennya.

Helm Pembalap MotoGP Jadi Buruan di IIMS

Terlebih, karena besarnya fungsi atau manfaat dari perangkat ini, kepolisian pun mewajibkan bagi para pengendara untuk terus digunakan setiap berkendara.

Diketahui, saat ini ada beberapa jenis helm yang dijual di pasaran. Secara umum, bentuknya dibagi menjadi dua jenis, yaitu tertutup atau full face dan terbuka atau half face.

Helm half face memiliki keunggulan khusus, di mana pengendara bisa bernapas dengan lebih leluasa. Bahkan, saat ini sudah banyak dijual helm full face yang bisa dibuka bagian depannya, sehingga menjadi half face, atau biasa disebut dengan flip up.

Namun, ada hal penting yang jarang diketahui pemburu helm, yakni masa pakai helm yang ternyata hanya lima tahun. Di pasaran, ada penjual helm nakal yang kerap menjual produk kedaluwarsa. Harganya pun terkadang dijual jauh dari harga pasaran.

Hal itu disampaikan Brand Technical Support Cargloss Proriders, Irwan. Lima tahun, dikatakan berlaku sejak produk itu diproduksi.

"Normalnya itu pemakaian helm lima tahun sejak masa produksi, biasanya helm itu ada tanggal produksi yang terletak di dalam helm," ungkapnya di Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Januari 2016.

Irwan menjelaskan bahaya pemakaian helm yang telah melewati masa pemakaian lima tahun, ada pada daya redam getaran yang kurang saat terjadi benturan atau kecelakaan. Sebab, komponen seperti styrofoam pada helm kedaluwarsa sudah tak lagi dalam performa terbaik alias tak elastis lagi.

"Kalau lewat lima tahun styrofoamnya enggak baik lagi, sehingga kalau terkena benturan itu langsung ambles," kata dia.

Maka itu, ia memperingatkan kepada masyarakat agar selalu hati-hati saat akan membeli helm. Ia mengajurkan agar calon konsumen cerewet menanyakan kapan tanggal produksi helm itu dibuat. Jika tidak, tentu bisa dimanfaatkan penjual nakal untuk memasarkan produk helm kedaluarsa.

Ilustrasi helm

Saat Sang Gadis Bertanya Soal Kedaluwarsa Helm

Helm standar dengan kualitas baik bisa mengurangi risiko kematian.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2016