Lirik Gaji Para Pemilik Motor Gede di Indonesia

Ilustrasi. Dicati Diavel Chrome saat dipamerkan di ajang IIMS 2014.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Motor gede alias moge merupakan kendaraan impian oleh sebagian orang. Moge dikagumi karena kapasitas mesinnya yang besar sehingga tentu memiliki kecepatan di atas rata-rata motor pada umumnya.

Namun demikian, karena harganya yang mahal, moge tentunya hanya dimiliki kalangan berduit. Bayangkan saja, untuk menebusnya calon konsumen wajib menyiapkan anggaran hingga ratusan juta rupiah. Maka tak heran jika calon konsumen yang memiliki anggaran terbatas lebih memilih edisi bekasnya alias seken atau dengan cara kredit.

Menurut Romy Marshall Siregar, pemilik sekaligus direktur PT Marshall Auto Gallery (MAG), pemilik moge umumnya memang bukanĀ orang sembarangan. Sebab, gaji yang pantas dimiliki tentunya sudah di angka dua atau bahkan tiga digitĀ per bulan.

"Sebagai gambaran, kalau beli moge baru dengan cara mencicil (kredit), gaji yang pantas untuk memiliki moge itu mesti di angka Rp50 juta per bulan. Angka itu (gaji yang pantas) dikeluarkan pihak leasing (pembiayaan kredit) resmi Harley-Davidson. Tetapi saat ini Ducati juga demikian, sama (Rp50 juta)," kata Romy kepada VIVA.co.id, Rabu 2 Maret 2016.

Penjelasan kedua yang disampaikan ialah, cicilan per bulan umumnya memiliki besaran rata-rata sebesar Rp10-Rp15 juta per bulan. Jumlah itu dibayarkan dengan asumsi tenor selama tiga tahun.

Bintang Deru Debu Ini Kepincut Motor Perkasa BMW

"Cicilan kredit itu jika motor tersebut memiliki harga Rp500-Rp600 jutaan, dengan down payment (DP) 30 persen. Itu (cicilan) sudah mencakup juga asuransi," kata Romy.

Sementara gaji yang pantas untuk memiliki moge bekas, Romy menyatakan sejauh ini umumnya ada di kisaran Rp25-30 juta per bulan.

"Makanya, tentunya tidak sembarangan orang yang memiliki moge, mesti benar-benar punya uang. Angka itu juga belum termasuk biaya perawatan rutin," kata dia.

Deretan Motor Seharga Rumah Mewah di IIMS, Bikin Alis Naik

MAG diketahui selama ini dikenal sebagai showroom mobil-mobil premium. Namun, kata Romy, pihaknya saat ini juga merambah bisnis moge bekas dan membuka gerainya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tercatat, PT MAG menjual sejumlah moge bekas dengan merek-merek antara lain Harley-Davidson, Ducati, Aprilia dan Can Am Spyder.

Honda Luncurkan CB Edisi Spesial, Mirip Ayam Cemani
Ducati Scrambler

Lima Moge Paling Ideal Bagi Pemula, Wajib Tahu

Moge ini dianggap ideal karena memiliki berat yang stabil .

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016