Bermasalah, Suzuki Inazuma Kena Recall

Suzuki Inazuma 2017.
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA.co.id – Suzuki Inazuma alias GW250 terkenal recall alias penarikan massal setelah National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau lembaga keselamatan jalan raya menemukan masalah pada motor tersebut. Masalah yang dimaksud yakni adanya rembesan air ke konektor lampu rem serta berpotensi mengalami masalah kelistrikan.

Popularitas Skutik Bermesin 110Cc Bakal Digeser Skuter Listrik

Dilansir Autoevolution, Selasa 29 November 2016, Suzuki Amerika Serikat melakukan recall pada model tahun 2013, 2015 dan edisi terbaru 2017. Atas masalah tersebut, sistem pencahayaan motor tak dapat digunakan.

Menurut laporan yang disampaikan NHTSA, air bisa masuk ke wiring harness dari GW250 atau Inazuma. Air akan masuk ke sepanjang kabel hingga menimbulkan korosi. Kasus ini dapat menyebabkan korsleting, dan merusak bagian lampu rem dan lampu belakang.

Sepeda Motor Bebek Lawas Ini Harga Bekasnya Bikin Kaget

Bisa dibayangkan betapa berbahayanya jika berkendara tanpa lampu belakang dan lampu rem, karena pengendara di belakangnya tak akan mampu membaca pergerakan kendaraan di depannya. Laporan menyebutkan, Suzuki AS melakukan recall terhadap 1.890 unit Inazuma di AS. Pengumuman recall sudah dilakukan Suzuki kepada para pemilik Inazuma dan diminta segera mendatangi diler untuk mendapatkan penanganan secara gratis.

Suzuki pertama kali menerima laporan tentang masalah ini pada Agustus 2012 di Cina. Kasus kedua datang pada Januari 2013. Sementara di Jepang dilakukan pada Oktober 2014. Suzuki kemudian mengatasinya dengan menambahkan penutup perlindungan air pada konektor kabel harness.

Bocoran Sepeda Motor Baru Suzuki untuk Tahun 2021

Meski demikian, masalah kembali bergulir pada April 2016, di mana perusahaan mulai menemui keluhan lain, meski Inazuma terbaru sudah dilengkapi dengan penutup pelindung konektor kabel harness. Kegiatan recall mulai dilakukan pada 23 November 2016. Sejauh ini belum ada informasi, apakah Inazuma di Indonesia juga akan dikenai prosedur serupa.

(mus)

Bocoran motor baru Suzuki yang akan meluncur pekan depan di Thailand

Pekan Depan Suzuki Luncurkan Motor Baru

Suzuki dikabarkan akan meluncurkan versi baru dari motor yang masuk dalam kategori sport fairing, yakni Gixxer SF 250 di Thailand.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2021