Popularitas Skutik Bermesin 110Cc Bakal Digeser Skuter Listrik

Suzuki Nex II edisi terbatas
Sumber :
  • Instagram @suzukimotorjatim

VIVA –Pasar otomotif roda dua kini didominasi oleh jenis skuter matik alias skutik. Jenis sepeda motor ini dianggap jauh lebih praktis saat mengoperasikannya, karen penggunanya hanya tinggal memutar gas untuk melaju.

Spesifikasi Mobil Rp105 Jutaan yang Bensinnya 25 Km per Liter dan Sudah Bisa Dipesan

Pengguna tak perlu lagi yang namanya memindahkan transmisi untuk berakselerasi. Cepat atau lambat laju skutik, ditentukan oleh putaran tangan pengendaranya. Begitu juga proses pengereman, hanya mengandalkan kerja komponen penahan laju di roda depan dan belakang.

Ketika belum populer, skutik hanya tersedia dalam pilihan mesin 110cc. Kini, model dan kapasitas mesin yang dipasarkan kian lengkap. Tak tanggung-tanggung, ada juga pabrikan yang menawarkan skuter dengan jantung penggerak motor listrik dari baterai.

Mobil Baru Rp105 Jutaan Ini Sudah Bisa Dipesan, Bensinnya 25 Km per Liter

2W Sales & Marketing Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yohan Yahya mengatakan, saat ini hanya ada dua merek yang terus bertahan untuk memasarkan skutik bermesin kecil. Hal ini didasari permintaan yang cukup besar, dibandingkan jenis skuter lainnya.

"Pemainnya, Suzuki dan satu lagi dari merek Jepang (Honda). Kalau yang lain (Yamaha) main skutik sudah 125cc. Marketnya mesin 110cc masih sekitar 60 persen dari total skutik. Pemainnya cuma dua, lebih baik kan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pemilik Motor Ini Bisa Bikin Tukang Tambal Ban Menangis

Meski demikian, Yohan tak menampik jika suatu saat nanti popularitas skutik kelas bawah itu akan tergeser dengan semakin masifnya produk-produk skuter listrik di Tanah Air. Meski demikian, dia meyakini masih akan tetap ada konsumen loyal dan mereka yang memiliki model konvensional.

"Selera konsumen untuk skuter matik ini, akan berubah lagi saat nanti mulai banyak yang pakai listrik. Memang ada yang ingin naik kelas, dan ganti motor. Nanti, skutik 110cc akan kalahnya dengan aturan, ini harus emisi sekian. Mau atau tidak, pabrikan ikut aturan," tuturnya.

Bule ini suka bagi-bagi motor gratis

Bule Ini Suka Bagi-bagi NMAX dan PCX Gratis, Cuma Ada Syaratnya

 Bule, atau warga asing dengan akun Instagram Mr. Terimakasih suka bagi-bagi motor gratis, dan uang kepada orang yang membutuhkan. Motor itu Honda PCX 160 dan NMAX 155...

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024