Kenali Tanda Fitur Idling Stop Mendadak Tak Berfungsi

Fitur idling stop pada motor.
Sumber :
  • Dok: Honda

VIVA – Sepeda motor keluaran terbaru saat ini telah dilengkapi berbagai fitur terbaru. Salah satunya yaitu idling stop system atau ISS pada tunggangan merek Honda. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Perangkat ini berguna untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berhenti sejenak, seperti contohnya saat berada di lampu merah. 

Akan tetapi masalahnya, masih ada pengguna yang menganggap fitur tersebut berhenti bekerja. Sehingga tak sedikit yang membawa buru-buru ke bengkel untuk diperbaiki. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta Jalan Dewi Sartika, Rangga Noviar, mengatakan, bila fitur ISS tak berfungsi, bisa jadi ada sejumlah 'persyaratan' yang belum terpenuhi. 

"Setidaknya ada lima kondisi agar idling stop system bisa berfungsi dengan baik," kata Rangga kepada VIVA, Rabu 21 Maret 2018. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lima syarat yang harus dipenuhi pemotor dalam memanfaatkan perangkat itu yakni pertama, pastikan terlebih dahulu tombol ISS berada pada posisi Idling Stop. 

Latihan teknik safety riding.

"Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius. Kemudian, motor telah mencapai kecepatan 10 kilometer per jam," ujarnya. 

Selanjutnya, pastikan throttle atau handle gas dalam posisi tertutup penuh dan motor dalam kondisi berhenti setidaknya tiga detik.

"Kalau kelima itu belum terpenuhi maka ISS enggak berfungsi," tutur dia. 

Kendati demikian, sejauh ini ia mengklaim belum ada keluhan konsumen terhadap kerusakan pada ISS. 

"Kecuali ada kabel yang rusak atau keputus karena konsumen pasang kunci rahasia atau alarm. Terus misal ada kabel keputus saat pemasangan, itu bisa saja terjadi," kata Rangga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya