Tips Lintasi Jembatan Kali Kenteng dari Pemudik

Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Pemudik yang ingin menuju Solo mempunyai pilihan untuk melintasi jalur Salatiga-Kartasura. Namun, yang jadi perhatian dari jalur fungsional itu adalah di Jembatan Kali Kenteng, yang disebut Jasa Marga mempunyai kemiringan 7,24 derajat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Meski tidak terlalu terjal, tetap saja pemudik harus hati-hati dan menggunakan trik khusus untuk melintasi jembatan tersebut. Sebab, permukaan jalur fungsional masih berlapis beton dan penuh serpihan pasir.

Dengan permukaan jalan yang licin, ada saja mobil yang tidak bisa menanjak, seperti video yang beberapa waktu lalu beredar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Donny Saputra, seorang pemudik yang menggunakan mobil pribadi tujuan Solo mengaku, memang butuh trik khusus untuk melintasi jembatan tersebut. Kata dia, karena permukaan jalan yang masih licin, maka untuk mobil bertransmisi manual perpindahan gigi harus pas.

Kendaraan pemudik melintasi ruas tol fungsional Salatiga-Solo di KM 482

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Dari pengalaman berkendara, depan saya mobilnya mesin gede, tapi sempat berhenti juga di tengah. Asalkan enggak lambat pindah gigi rendah, momentumnya pas kalau manual, tetap di gigi rendah 1-2. Tapi, saya pakai matik,” ujar pengguna Suzuki S-Cross tersebut kepada VIVA, Selasa 12 Juni 2018.

Dengan berisikan empat orang penumpang dan barang bawaan tiga koper di bagasi belakang, tidak ada masalah apa-apa mobil bertransmisi matik.

“Pola tanjakan hampir sama dengan Puncak, cuma kondisi jalan masih beton dan berpasir agak licin,” tuturnya.

Sementara menurut pemudik lainnya, Agam, jalur tersebut sudut kemiringannya tidak berbeda jauh dengan di daerah Jawa Barat. Kata dia, setiap mobil jenis apa pun harusnya bisa melintasi jalur tersebut.

“Ada petugasnya, jadi mobil dilepas satu-satu. Kemarin saya pakai mobil matik, transmisi di L saja biar aman,” ujar pengguna MPV tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya