Bikin Mengkilap Dasbor Pakai Minyak, Solusi atau Merusak

Ilustrasi dashboard mobil.
Sumber :
  • Pixabay/MikeBirdy

VIVA – Jika mobil sering parkir di luar ruangan, namun langsung terkena paparan sinar Matahari, tak cuma eksterior yang kena imbasnya. Sebab, juga akan merusak interior.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Bagian yang paling kentara dirusak oleh sinar ultraviolet adalah dasbor, karena terbuat dari bahan plastik dan membuatnya bakal kusam.

Untuk menyiasatinya, banyak orang menggunakan cara simpel, seperti mengoleskan minyak zaitun atau lotion untuk tubuh. Cara itu dianggap ampuh, karena selain ongkosnya murah, simpel dan efeknya langsung terlihat.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Professional Detailer dari Meguiars Indonesia, Deni Yohanes mengatakan, sinar ultraviolet memang bisa berakibat buruk buat dasbor yang terbuat dari plastik. Efeknya penuaan bakal lebih cepat dan mudah mengelupas. Jadi bukan hanya membuatnya cepat kusam.

Kata Deni, beberapa orang biasanya menggunakan minyak zaitun dan lotion untuk kulit agar tampilan dasbor tetap mengkilap. Tetapi, kata dia, cara itu tak sepenuhnya benar, karena ada cairan khusus untuk melindungi dasbor agar tak cepat kusam.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

“Untuk jangka panjang saya tidak menyarankan menggunakan minyak zaitun dan lotion, paling lama tiga sampai empat bulan. Jika terus dipaksakan pakai minyak zaitun atau lotion, efeknya dasbor akan pecah-pecah pada permukaannya,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 6 Juli 2018.

Oleh sebab itu, Deni menyarankan jangan terlalu sering memarkirkan kendaraan di luar ruangan yang langsung terkena sinar Matahari. Kata dia, kalau memang terpaksa caranya cukup menutupi dasbor dengan bahan karet untuk melindunginya dari sinar UV.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022