Cara Jitu Bikin Suara Audio Mobil Standar Jadi Berkelas

Ilustrasi sistem audio mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA – Beragam cara dilakukan pemilik mobil untuk mendapatkan suara yang bagus dari audio saat berada di dalam kabin. Sebab kadang speaker bawaan pabrik kurang mendukung.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Cara yang acap dilakukan para pemilik mobil yakni mengganti speaker, head unit, tweeter, subwoofer dan menambah amplifier lansiran aftermarket.

Tapi berbagai jenis komponen audio tersebut tidak akan berpengaruh jika instalasinya salah. Selain itu, tak semua orang bisa membeli paket audio lengkap karena faktor anggaran.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ternyata sebenarnya ada satu komponen yang ampuh membuat suara dari speaker standar pabrik menjadi merdu.

“Jika sudah berurusan dengan audio mobil pasti ke budget. Tapi saya sarankan pada customer jika ingin sekadar meng-upgrade suara dari audio standar pabrikan lebih baik menggunakan prosesor,” ujar Manager Begja Autotronics, Yanto kepada VIVA, Senin 9 Juli 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Harga prosesor memang cukup mahal Rp1 juta sampai Rp6 juta, namun dirinya mengklaim suara yang dihasilkan akan jauh lebih enak dan tidak perlu pusing dengan instalasi rumit seperti mengganti speaker, menambahkan subwoofer dan komponen audio lainnya.

“Pokoknya dijamin enak, karena di dalam prosesor itu sudah ada mixer, inputnya, equalizer juga sudah ada, dengan begitu pasti akan meningkatkan kualitas suara audio standar jadi bagus. Sekarang tren audio mobil sudah bergeser,” tuturnya.

Sambung dia, para penggemar audio mobil awalnya mencari kekerasan suara dari tambahan komponen aftermarket yang dipasang. “Sekarang lebih simpel enggak usah banyak mengubah interior mobil suara yang dihasilkan sudah bagus dan merdu, enggak perlu keras,” ujarnya melanjutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya