Bikin Mobil Tetap Kinclong saat Musim Hujan, Enggak Susah

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Saat musim hujan tiba, para pemilik kendaraan akan direpotkan dengan kehadiran kotoran dari air genangan dan lumpur yang biasa bertebaran di jalan. Selain itu, air hujan yang mengandung asam dan polusi dapat menyebabkan jamur dan karat pada lapisan cat mobil.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Untuk mengatasinya, mereka bisa mengunjungi salon mobil. Namun, hal itu tidak akan ramah untuk kantong, terutama jika dilakukan secara rutin setiap hari. Alternatifnya, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah saat akhir pekan.

Trainer Sonax Indonesia, Mochamad Edy mengatakan, merawat sendiri kendaraan bukan perkara yang susah. Yang terpenting, Anda mengetahui dasar-dasarnya, yang terbagi menjadi lima langkah; mencuci, claying, polish, protection dan maintenance.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Saat mencuci, sebaiknya air mengandung kadar keasaman Ph 7 atau netral dan tidak mengandung mineral. Jika hal itu tidak bisa dilakukan, maka gunakan produk sampo yang bisa menetralisir Ph air.

Ilustrasi mencuci mobil

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Langkah yang kedua yakni claying. Langkah ini disarankan dilakukan satu bulan sekali. Fungsinya untuk membersihkan cat dari oksidasi, getah pohon dan bahkan jamur.

“Caranya mudah, gosok cat dengan clay bar dan semprotkan lubrikasi. Cat akan bebas dari polusi dan menjadi halus,” ujarnya di Jakarta, Jumat 30 November 2018.

Langkah ketiga adalah polish, yakni untuk menghilangkan baret halus dan kusam pada kendaraan. Pada umumnya, baret halus diakibatkan oleh proses pencucian yang salah.

Langkah selanjutnya adalah proteksi atau perlindungan permukaan cat, menggunakan teknik coating atau wax. ?Coating pada umumnya banyak ditawarkan oleh salon mobil, namun biayanya tidak murah.

Perawatan bodi mobil.

Terakhir, kendaraan harus tetap dijaga kondisi catnya. Caranya, gunakan produk perawatan cat yang banyak tersedia di toko aksesori kendaraan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya