Nekat Bersihkan Jamur di Kaca Mobil Pakai Odol, Ini Akibatnya

Kaca mobil yang berjamur
Sumber :
  • SitusOtomotif

VIVA – Memiliki mobil bersih tanpa jamur di kaca, menjadi impian banyak orang. Munculnya jamur pada kendaraan disebabkan beragam faktor, mulai dari membersihkan dengan menggunakan air bekas cucian hingga penggunaan sampo yang salah.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur di kaca, salah satunya menggunakan glass cleaner yang beredar di pasaran. Warna cairannya pun bermacam-macam. Mulai dari biru, hijau muda hingga bening.

Namun, menggunakan glass cleaner selain bening tak disarankan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil. Karena, jika salah mengaplikasikannya, dapat menimbulkan noda warna pada kaca sesuai warna glass cleaner. Hal tersebut diungkapkan Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

"Akan menimbulkan noda, ditambah kondisi kaca masih dalam kondisi panas. Jadi, rajin mencuci mobil, setelah itu gunakan glass cleaner yang memiliki water repellent,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 6 Februari 2019.

Fadilah menjelaskan, menghilangkan jamur di kaca juga tidak bisa menggunakan pasta gigi. Menurutnya, pasta gigi mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Jika digosok terlalu kencang di permukaan kaca, akan menimbulkan pelangi dan kusam.

Cara Mudah Hilangkan Baret Kaca Mobil dengan Cerium Oxide

“Polivinil atau rongga udara di tengah-tengah kaca tidak boleh ada gesekan yang berlebihan. Jika pelangi arahnya masih vertikal ke bawah, biru, ungu dan merah, berarti kaca tersebut masih orisinal, belum pernah dipoles cairan apapun,” katanya. (kwo)

Ilustrasi membersihkan kaca mobil.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting dalam keselamatan berkendara. Kaca mobil yang pecah tidak hanya menjadi masalah kosmetik, melainkan dapat mengancam kesel

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023