Mobil Belum Ada Kamera Parkir, Enggak Perlu Risau

Ilustrasi kamera mundur.
Sumber :
  • Satnavsystems

VIVA – Kamera mundur menjadi salah satu teknologi yang kini ada di mobil-mobil baru. Fungsinya untuk membantu pengemudi, ketika hendak memarkirkan kendaraannya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bagi yang kendaraannya belum dilengkapi fitur canggih tersebut, tak perlu khawatir. Sebab, saat ini banyak ditawarkan produk aftermarket untuk beragam jenis mobil yang dijual di Indonesia.

Pedagang dari toko aksesori Line Audio, Rokhimin mengatakan, ada beragam produk dan merek kamera belakang untuk membantu saat mobil parkir.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kamera belakang itu banyak sekarang modelnya, dan bisa dipasang untuk semua mobil," ujarnya saat disambangi VIVA di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, Jumat 22 Februari 2019.

Lokasi pemasangan kamera tersebut, kata Rokhimin, biasanya dekat pelat nomor. Untuk dudukannya, biasanya dengan cara ditempel, melubangi bagian bodi lalu diberi penguat berupa baut, atau bisa juga menggantikan posisi lampu penerangan pelat nomor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau yang dudukan pelat nomor di bawah, kayak Terios dan Rush lama, atau Grand Livina, ya mau enggak mau kameranya agak ke bawah," tuturnya.

Harga kamera parkir ini cukup beragam, mulai dari Rp100 ribu sampai Rp500 ribu. Banderol tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Untuk jasa pemasangan, Rokhimin mematok jasa Rp250 ribu sampai Rp300 ribu.

"Waktu pemasangan kamera itu satu sampai 1,5 jam. Harus dilihat juga jalur kabel, terus kan nanti diatur lagi via head unit-nya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya