Kerap Luput dari Pengamatan, Ini Bagian Kabin Mobil yang Dipenuhi Debu

Speaker Rockford Fosgate
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – ?Speaker adalah satu satu komponen penunjang hiburan di mobil. Setiap kali pengemudi suntuk akibat kondisi jalan sibuk, speaker yang telah terhubung perangkat musik akan melantunkan lagu penghibur. Alhasil, perjalanan tak lagi membosankan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Namun demikian, tak banyak yang memedulikan kebersihannya. Padahal, speaker mudah sekali terpapar debu. Bila hal ini dibiarkan, akan berdampak langsung pada fungsi dan kinerja perangkat. Speaker yang dipenuhi debu, tak bisa menghasilkan suara jernih.

Mekanik Tunas Bengkel Daihatsu di kawasan Jakarta Timur, Puji Raharjo mengatakan, ada satu jenis speaker yang paling banyak dipenuhi debu.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

“Speaker biasanya terserang debu di bagian tweeter. Kalau yang tak berlapis jaring, debu akan menumpuk di satu sudut,” ungkapnya saat dihubungi VIVA, Senin 4 Maret 2019.

Bila ingin membersihkannya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Salah satunya, menggunakan penyedot debu ukuran kecil.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

“Pakai vacuum cleaner yang kecil. Itu lebih aman ketimbang pakai kain lap. Soalnya, enggak ada kontak langsung dengan perantinya. Nah, untuk celah-celah yang susah dibersihkan, bisa pakai kuas halus. Usahakan proses penyapuan dilakukan perlahan,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan, pentingnya kehati-hatian saat membersihkan speaker, terutama bagian tweeter. “Kalau mau membersihkan bagian itu (tweeter), harus hati-hati. Karena, tweeter di dasbor biasanya mudah lepas. Kabel-kabel yang terhubung juga tipis, jadi rawan putus.” (yns)

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024