Nirina Zubir Berharap Jalan Khusus Sepeda Lebih Aman dan Nyaman

Nirina Zubir (tiga kiri) di acara Woman Cycling Community di diler BMW Motorrad.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Hanya beberapa ruas jalan di ibu kota Jakarta yang memiliki jalur khusus sepeda. Tetapi, jika melihat desainnya, jalur sepeda ini masih menyatu dengan kendaraan lain. Bahkan, beberapa pengguna motor kerap melintasi jalur tersebut.

Mobil Yaris Tabrak Pembatas Lajur Sepeda hingga Ringsek di Sudirman

Maka dari itu, artis Nirina Zubir berharap kepada pihak terkait, untuk segera membenahi jalan khusus sepeda yang sudah ada. Bahkan, dia berharap bisa diperluas, tujuannya agar masyarakat lebih bergairah menggunakan sepeda, ketimbang motor.

“Perhatian saya sekarang, kami tidak memiliki jalan khusus sepeda. Itu membahayakan, kalau bersepeda ada motor atau mobil yang nyalip,” kata Nirina, dalam Woman Cycling Community di diler BMW Motorrad, Jakarta, Minggu 10 Maret 2019.

Detik-detik BMW Ringsek Usai Tabrak Beton Jalur Sepeda di Sudirman

Dalam acara bersepeda kali ini, juga diramaikan jajaran Kepolisian dari Polda Metro Jaya. Maka, istri Ernest Fardiyan Syarif itu berharap, polisi memberi perlindungan pada pengguna sepeda di jalan. Sebab, jalur sepeda yang sudah ada saat ini kerap dilintasi pengguna motor.

“Ke depan, mudah-mudahan dengan bersepeda bareng Kepolisian ini pengamanan bisa terjaga. Karena, beberapa teman cerita, meski ada jalanan khusus sepeda, tetapi sering diambil pengendara motor yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Aksi Jambret di Semanggi, Tapi Warganet Malah Fokus Pesepeda di Luar Jalur Sepeda

Nirina juga berharap ke depan, Indonesia mempunyai jalur sepeda lebih bagus. “Terpenting, keamanan dan kenyamanan. Mungkin, orang-orang bisa mengurangi naik motor dan pilih sepeda. Harapannyam langit Indonesia bisa biru lagi dan bersih,” katanya.

Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Wahyu Hadiningrat yang hadir dalam acara memiliki harapan yang sama. “Cita-cita Nirina ini sama, saya rasa semua punya keinginan sama, suatu saat Indonesia punya jalan khsusus sepeda. Karena, setelah ada itu, saya yakin orang jadi lebih ingin bersepeda, karena ramah segala-galanya,” tutur dia. (asp)

Honda Jazz masuk ke jalur sepeda di Jakarta

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Dalam video tersebut, terlihat mobil berwarna putih berusaha masuk ke jalur sepeda yang dipisahkan oleh pembatas berupa tiang cone.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024