Usai Coating, Jangan Cuci Mobil Pakai Air Sabun

Aplikasi nano coating pada bodi mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Coating menjadi salah satu cara melapisi bodi mobil, agar tetap mengilap dan terhindar dari jamur. Namun setelah coating, ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilakukan, agar tidak merusak kualitasnya.

Strategi Industri Cat dan Pelapis Genjot Inovasi Keberlanjutan

Presiden Direktur Makko Group, Christoper mengatakan, untuk proses instalasi coating bahan safir atau keramik, butuh waktu satu pekan hingga mengeras. Setelah itu, disarankan mobil tidak langsung dicuci pakai sabun.

"Kami menyarankan pada konsumen, agar tidak mencuci minimal tiga hari setelah coating. Kalau bisa, sampai satu minggu. Kalau harus dicuci karena hujan dan kotor, bisa pakai air saja," ujarnya di Jakarta, Selasa 30 April 2019.

Ada Inovasi Baru di Bidang Perawatan Kendaraan

Christoper mengatakan, setelah satu pekan, mobil bisa dicuci menggunakan sabun dengan tingkat keasaman atau ph (potensial hidrogen) di bawah tujuh, agar tidak merusak coating.

"Efeknya kalau dicuci sebelum seminggu, pasti ada penurunan kualitas. Setiap enam bulan selama tiga tahun kami wajibkan perawatan. Biayanya Rp400 ribu untuk serum safir. Kalau keramik, selama dua tahun setiap enam bulan perawatan," tuturnya.

Bingung Pilih Coating atau PPF untuk Mobil, Ini Perbedaannya

"Biayanya untuk safir Rp5-6 juta dengan garansi tiga tahun, kalau keramik Rp4-5 juta garansi dua tahun. Harga sekaligus coating kaca, detailing mesin dan interior," kata dia menambahkan. (kwo)

Ilustrasi cuci mobil

Rahasia Menjaga Cat Mobil Kesayangan Tetap Kinclong dan Awet

Mobil merupakan salah satu aset berharga bagi banyak orang. Selain fungsinya sebagai alat transportasi, mobil juga bisa menjadi simbol status sosial. Menjaga kondisi mobi

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2024