Bongkar Pasang Aki, Kabel Plus atau Minus Lebih Dulu?

Ilustrasi aki sepeda motor
Sumber :
  • Youngchoppers

VIVA – Berbeda dengan zaman dulu, kendaraan yang diproduksi saat ini dirancang agar mudah diperbaiki. Bahkan, ada beberapa komponen yang bisa diganti sendiri oleh sang pemilik.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Salah satu contohnya, aki kendaraan. Perangkat ini berfungsi meyimpan arus listrik, dan mengalirkannya ke komponen lain yang membutuhkan. Pada mobil, letaknya ada di kompartemen mesin, sementara di sepeda motor lokasinya berbeda, tergantung dari modelnya.

Umumnya, aki sepeda motor disimpan di bawah jok. Cara mengaksesnya relatif mudah, cukup dengan membuka baut wadah penutupnya.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Apabila rusak, komponen ini bisa diganti sendiri oleh sang pemilik kendaraan. Modalnya hanya obeng untuk aki motor, sementara aki mobil membutuhkan kunci pas atau kunci ring.

Setiap aki memiliki dua terminal atau kutub, yakni positif dan negatif. Masing-masing diberi tanda, merah untuk positif dan hitam untuk negatif.

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Satu yang harus kamu tahu, jangan pernah menyatukan dua kutub itu secara langsung ya! Baik menggunakan besi atau kabel. Jika nekat, bakal muncul bunga api, pertanda terjadi korsleting.

Saking bahayanya, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno menjelaskan bahwa setiap mekanik motor Honda diberi pelatihan soal itu.

Ia mengatakan, ada teknik khusus untuk menghindari terjadinya korsleting, saat melepas atau memasang aki pada motor.

“Karena pakai obeng, lepas kabel negatifnya dulu. Sebab, kabel itu terhubung ke bodi motor. Kalau positif dulu, ada risiko obeng menyentuh bodi, bisa korsleting,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 7 Oktober 2019.

Saat hendak memasang aki baru, lakukan kebalikan dari cara melepas. Utamakan kabel positif dulu, baru kabel negatif. “Semua mekanik kami ajari seperti itu,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya