Jarang Cuci Motor Saat Musim Hujan Bisa Jadi Malapetaka

Cuci motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

VIVA – Banyak orang merasa bahwa mencuci sepeda motor saat musim hujan adalah hal yang sia-sia. Tapi perlu diketahui, jika hal itu rajin dilakukan, Anda bisa terhindar dari malapetaka. 

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Kenapa, karena hujan secara perlahan-lahan dapat merusak motor Anda. Jika hal tersebut terus Anda biarkan, motor Anda tidak akan awet dan bertahan lama. Dikutip Senin, 2 Maret 2020, dari laman Suzuki, berikut ini kerusakan yang bisa terjadi karena Anda malas cuci motor. 

1. Mesin bisa menjadi overheat

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Hal yang pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor dikala musim hujan adalah mesin bisa menjadi overheat pada mesin. Karena, bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran setelah cukup lama dan bersarang di radiator. 

Kalau sudah seperti itu hamper pasti mesin akan mengalami panas berlebihan atau biasa di sebut overheat.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

2. Rusaknya suspensi

Selain mesin, suspensi juga menjadi part yang dapat rusak setelah kotoran dari air hujan dibiarkan saja. Kotoran itulah yang dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cukup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang dan tidak empuk.

3. Timbul karat

Tidak menutup kemungkinan rantai akan kena imbasnya karena terkena langsung dengan air serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Jika dibiarkan rantai akan mengalami karat dan mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman. 

Setelah itu, mungkin juga rantai bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat. Selain rantai ada juga yang akan berkarat yaitu part-part yang berbahan logam di motor, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain. 

Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan  membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan dan jika part tersebut karatan fungsinya pun juga akan terganggu serta jadi tidak enak untuk dilihat.

4. Body jadi kusam

Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan body menjadi kusam, dan juga di bagian kaki-kaki motor juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak  di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Di musim hujan ini ada baiknya kita merawat motor kesayangan dengan cara yang paling mudah, yaitu mencucinya secara berkala agar tidak terjadi kemungkinan di atas ini. Dengan hal tersebut kita dapat memperpanjang umur parts dan motor secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya