Ban Baru untuk Sepeda Motor Dibungkus Plastik, Gunanya untuk Apa?

Ilustrasi penjualan ban baru untuk sepeda motor
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA –Ban menjadi salah satu komponen untuk mendukung kenyamanan  dan keselamatan berkendara. Tak heran jika pemilik disarankan untuk langsung mengganti karet bundar ini, jika kondisi alur atau kembangannya sudah menipis dan rata.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Bagi pemilik sepeda motor yang ingin mengganti ban sepeda motor, selain harga dan ukuran, pengemasan juga kerap menjadi perhatian. Dalam kondisi baru, alas kaki untuk sepeda motor bebek, maupun skuter matik biasanya dibungkus dengan plastik secara penuh.

Lantas, apa fungsi ban baru untuk sepeda motor dilapis secara utuh menggunakan plastik yang bertuliskan merek dan ukurannya? Head of Marketing Consumer Product Michelin Indonesia, Roslina Komalasari mengatakan, ban baru untuk sepeda motor dibungkus hanya untuk pengemasan standar saja.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

"Sebenarnya plastik pembungkus itu tidak mempengaruhi kualitas dari ban itu sendiri, karena dari kualitasnya sudah baik. Untuk motor yang 250cc ke atas, bahkan beli baru ya sudah enggak ada yang dibungkus plastik, sama kaya ban mobil, hanya untuk labeling," ujarnya di Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

Baca juga: Benarkah Mobil Jadi Enggak Stabil saat Kaca Dibuka?

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Sementara pemakaian plastik untuk membungkus ban baru, kata Presiden Direktur Michelin Indonesia, Steven Vette mengatakan, penggunaan bungkus tersebut memang menjadi salah satu ciri khas pemasaran di Tanah Air. Meski demikian, penggunaannya akan mulai dikurangi.

"Nantinya, seperti yang sudah dilakukan di luar Asia, Michelin akan mengurangi penggunaan plastik. Walaupun ban dibungkus pakai plastik menjadi perhatian konsumen di sini, tapi akan sedikit demi sedikit dikurangi, sampai pada akhirnya tidak dilapisi lagi," paparnya.

Selain mengurangi penggunaan plastik pembungkus ban baru, Vette mengatakan, sudah menyiapkan strategi untuk pasar Tanah Air, yakni dengan menyiapkan produk-produk baru untuk kebutuhan konsumen, pemilik mobil maupun sepeda motor.

"Kami akan launching beberapa produk baru. Kami masih fokus untuk ban mobil dan sepeda motor. Kami sekarang juga sudah produksi ban Michelin kendaraan roda dua di pabrik lokal Multistrada, kami akan fokus juga ke sini," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya