Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Vespa matic di towing
Sumber :
  • Scooter VIP

Jakarta,, 6 April 2024  – Bagi anda pemilik Vespa matic dan berencana meninggalkannya cukup lama di rumah karena mudik, lakukan beberapa hal penting ini. Demi membuat Vespa Anda tetap aman dan tenang saat tak memakainya dalam jangka waktu lama.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Sebab, jangan sampai kendaraan yang ditinggal mudik malah membuat masalah setibanya Anda pulang dari mudik nanti. Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan. 

1. Kunci stang
Pencurian di masa mudik Lebaran menjadi salah satu momok menakutkan yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Oleh karena itu, agar vespa matic tidak menjadi incaran maling, jangan lupa mengunci stang, menggunakan alarm dan pengaman tambahan di disk brake. Meskipun tidak menjamin 100 persen aman, namun, dengan adanya pengamanan tambahan, maling akan kesulitan membobolnya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

2. Lepas aki motor
Vespa matic yang ditinggal lebih dari seminggu bisa menimbulkan masalah pada bagian kelistrikan, terlebih jika ditinggal lama dan jarang dipanasi. Aki yang terus menerus terpasang pada motor tanpa dipanaskan dapat menurunkan performanya.

Biasanya hal ini ditandai dengan sulit distarter saat akan dipergunakan kembali. Terutama kalau vespa matik yang produksi dibawah tahun 2019, ditakuti bisa timbul distrosi kelistrikan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mencopot aki pada vespa matik apabila ditinggal lama oleh pemiliknya,

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

3. Service berkala
Sebelum ditinggal untuk mudik oleh pemiliknya, ada baiknya lakukan service berkala di bengkel vespa matic terdekat dan gantilah pelumas mesin maupun pelumas gardan dengan tujuan agar vespa matic lebih mudah dihidupkan saat akan dipergunakan kembali untuk beraktifitas sekembalinya dari mudik panjang.

4. Gunakan standar tengah dan alasi dengan karpet/keset
Saat mempersiapkan vespa matic untuk ditinggal lama, baiknya jangan lupa juga untuk menggunakan standar tengah atau center stand dialasi dengan alas keset/karpet. Hal ini agar motor dalam keadaan balance sehingga tidak mudah terjatuh jika terjadi sesuatu kejadian di luar dugaan seperti bencana alam contohnya gempa kecil agar tidak terjadi friksi kasar pada permukaan lantai garasi rumah.

Vespa Primavera

Photo :
  • Scooter VIP

5. Pastikan tangki bensin penuh
Saat meninggalkan vespa matic dalam waktu yang lama sebaiknya penuhkan tangki bensin. Sebab, bahan bakar yang penuh enggak ada ruangan lagi untuk terjadi pengembunan. pengembunan atau kondensasi di dalam tangki itu salah satu penyebab adanya air di dalam tangki bensin sehingga meminimalisir terbentuknya uap air. 

6. Tekanan ban dilebihkan
Tekanan udara ban Vespa matic yang berdiam lama di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Silakan mengisinya sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan, tambahkan sekitar 5 psi, supaya tekanan ban tidak cepat berkurang bahkan hingga habis total.
 
7. Kunci bisa titipkan 
Langkah terakhir, titipkan kunci vespa matic tersebut ke tetangga yang tidak mudik atau ke pengurus RT. Hal ini bertujuan agar bila terjadi sesuatu, misalnya kebakaran, banjir, dan lain-lain, maka vespa matic Anda juga bisa dipindahkan. Meski tanpa menyalakan mesin karena kabel aki Anda copot .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya