Tips Merawat Mobil di Rumah: Beda Alat Hasilnya Juga Berbeda

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Saat awal penerapan bekerja dari rumah atau work from home, banyak warga yang merasa gembira. Namun, setelah satu bulan lebih melakukan hal itu, beberapa mulai merasa bosan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Hampir semua kegiatan telah dicoba, mulai dari belajar memasak hingga merapikan barang-barang di gudang. Bahkan, mencuci sendiri kendaraan kesayangan yang ada di garasi.

Baca juga: Punya Harta Rp793 Triliun, Pria Ini Beli Mobil Bekas

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Namun, tahukah kamu bahwa peralatan yang digunakan untuk mencuci mobil bisa mempengaruhi hasil? Contohnya, jika biasa memakai sampo atau sabun cuci piring, maka hasilnya akan berbeda apabila dibandingkan dengan sampo khusus kendaraan bermotor.

Perbedaan ada yang bisa dilihat secara langsung, dan ada juga yang bakal ketahuan setelah pemakaian beberapa lama. Lapisan pelindung cat kurang suka dengan sampo rambut, karena tidak bisa memberikan perlindungan lama.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Mencuci mobil.

Begitu pula dengan lap yang digunakan. Jika memakai kain biasa, maka risiko cat tergores akan semakin besar, meski bodi telah dicuci.

Agar tidak salah saat melakukan perawatan kendaraan, ada beberapa tips dari Auto2000, dikutip dari keterangan resmi, Rabu 13 Mei 2020, yang bisa diikuti:

1. Mencuci Eksterior Mobil

Cuci mobil hingga bersih di tempat yang teduh di pagi hari menggunakan air bertekanan, supaya mudah dan cepat. Pakai sampo mobil dan dilap menggunakan kain chamois, untuk membersihkan kotoran. Pastikan kolong mobil bersih, untuk menghindari timbulnya karat.

Kain mikrofiber efektif untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil, dan tidak membuat permukaan bodi mobil menjadi baret. Periksa bagian yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah grille dan lampu kabut, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Membersihkan Kabin Mobil

Membersihkan jok mobil berbahan kain.Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet, dan bersihkan dengan air bersih. Keringkan karpet di tempat yang terkena sinar matahari langsung, agar tidak lembap dan bau. Manfaatkan penyedot debu untuk membersihkan kabin.

Pelapis jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepas dan dicuci. Sedangkan, pelapis dengan bahan kulit sintetis cukup diseka air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Sekalian lap setir, tuas transmisi, dan panel pintu dengan interior cleaner.

3. Membersihkan Bagasi

Jangan lupakan bagasi, terutama untuk mobil jenis sedan. Kalau ada karpet, keluarkan dan cuci dengan sabun dan pastikan kering. Angkat dek bagasi dan perhatikan tempat penyimpanan ban serep, siapa tahu ada kotoran menyelinap. Bersihkan permukaan ban serep dan pelek, serta periksa tekanan angin ban.

Ilustrasi bagasi mobil.

4. Membersihkan Ruang Mesin

Jangan mencuci ruang mesin dengan air bertekanan, karena sistem kelistrikan mobil sangat sensitif. Gunakan lap biasa atau mikrofiber yang sedikit basah, untuk membersihkan kotoran di ruang mesin. Cek tabung penyimpan cairan, seperti minyak rem dan air wiper.

Sebagai informasi, Auto2000 menyediakan Car Care Kit yang bisa diperoleh di laman resmi mereka. Paket tersebut terdiri dari kain chamois yang terbuat dari bahan PVA/Archives dengan tekstur permukaan halus.

Ada juga sampo mobil yang mengandung bahan antikarat, pH rendah, serta ramah lingkungan. Peralatan lain dalam paket tersebut, yakni kain mikrofiber, cairan pelindung ban, interior cleaner

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya