Moge Polisi Jatuh, Ini Cara Mengendarai Moge di Medan Ekstrem

Ilustrasi moge jatuh.
Sumber :
  • Youtube

VIVA –  Baru-baru ini tengah beredar video viral jatuhnya motor gede (moge) yang dikendarai oleh polisi pengawal di tanjakan yang menikung di media sosial saat mengawal mobil Presiden Widodo (Jokowi). Video tersebut terekam dan diunggah dari akun instagram @jakartaviral pada (20/12/2021). 

Lelang 5 Yamaha RX-King dan 2 Honda Win Cuma Rp47 Jutaan, Jual Lagi Auto Sultan

Dalam video tersebut terlihat bahwa polisi pengawal yang mengendarai moge jatuh saat hendak menanjak jalan yang menikung. Moge yang dikendarai mendadak hilang tenaga dan jatuh ke bagian kanan dengan setang yang berbelok. Setelah jatuh dan ingin melanjutkan jalan motor tersebut tersendat-sendat. 

Konvoi pengawalan presiden saat itu berlokasi di sebuah jalan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Bagaimana sih sebenarnya cara mengendarai moge yang baik dan aman saat berada di medan yang bisa dikatakan ekstrem berupa tikungan tajam dan menanjak? 

Paten Royal Enfield Classic 350 Bobber Tersebar, Ini Bocorannya

Cara mengendarai moge yang baik dan aman

Berdasarkan kejadian yang terjadi pada polisi pengawal presiden yang menggunakan moge tersebut, cara aman mengendarai moge pun diberikan oleh Sony Susmana selaku praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat berada di jalanan menanjak yang menikung. 

Daftar Harga Terbaru Motor Matic Honda per Mei 2024, Termurah Rp18 Jutaan

Mengamati dan menguasai medan jalan

Menurut Sony, kunci dari selamat dalam mengendarai moge di medan yang ekstrem adalah dengan mengamati dan menguasai medan jalan. Sebaiknya momentum dalam berkendara dimiliki oleh para pengendara moge saat harus melewati medan yang ekstrem dengan jalanan yang menanjak dan menikung agar bisa terlewati dengan aman dan selamat. 

Jangan sampai mesin mati

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat mengendarai moge pada medan jalan yang ekstrem adalah memastikan mesin motor jangan sampai mati. Jadi, pengendara moge sebaiknya dapat mempersiapkan, memastikan dan memosisikan dari awal gigi di gear berada di tingkat rendah, yakni gigi satu atau gigi dua. Hal itu dikarenakan apabila posisi miss gear tidak sesuai saat kendaraan sudah stuck di tikungan dan posisinya miring maka moge tersebut pasti akan jatuh. 

Memahami karakter moge

Karakter motor yang memiliki kapasitas mesin besar pun harus diperhatikan dan dipahami oleh para pengendara moge. Sebenarnya apabila pengendara memang sudah mahir mengendarai moge, kejadian jatuhnya motor di tanjakan yang menikung itu tidak akan terjadi. Namun, hal itu menjadi sebuah pembelajaran dan pengalaman bagi para pengendara moge lainnya untuk berhati-hati dan mengetahui betul cara mengendarai moge. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya