Tips Otomotif Membeli Mobil SUV untuk Pemula

VIVA Otomotif: Mobil SUV Suzuki Grand Vitara edisi lama
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif – Tips otomotif menjadi salah satu topik yang banyak dicari, karena dianggap bisa membantu para pengguna kendaraan maupun mereka yang hendak membeli mobil atau motor.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Kali ini, topik yang dibahas adalah bagaimana cara membeli mobil SUV atau Sport Utility Vehicle bagi pemula. Kendaraan jenis ini sedang jadi tren di Indonesia, dan angka penjualannya terus bertambah.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan bahwa dari segi desain, SUV pada umumnya dirancang dengan desain eksterior yang gagah dan elegan.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Sedangkan untuk meningkatkan daya tarik pelanggan, kini banyak SUV yang hadir dengan kapabilitas dan kualitas berkendara yang lebih baik, fitur dan teknologi yang fungsional, interior nyaman, peningkatan perangkat keselamatan serta semakin ramah lingkungan.

VIVA Otomotif: Mobil SUV Suzuki Escudo

Photo :
  • Dok: SIS
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Berikut tips yang ia berikan, dikutip dari keterangan resmi SIS Selasa 14 Februari 2023:

1. Dimensi yang pas dengan desain sporty
Mobil SUV hadir dalam pilihan dua dan tiga baris tempat duduk, dan dimensinya juga tersedia dalam ukuran kecil sampai dengan besar. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, model medium SUV berkontribusi 20 persen pada total penjualan mobil di Tanah Air.

2. Mesin responsif
Awalnya SUV dikenal sebagai kendaraan yang memiliki mesin berkapasitas besar dan punya konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Tapi seiring dengan pengembangan teknologi, kapasitasnya bisa lebih kecil dan irit namun performanya cukup mumpuni.

3. Ground clearance tinggi
Umumnya konsumen memilih SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi, karena ideal saat dipakai melintasi kawasan yang tergenang banjir. Selain itu, penampilan kendaraan juga menjadi semakin gagah.

4. Teknologi keamanan dan keselamatan
Rancang bangun sebuah SUV yang baik akan mementingkan kekuatan konstruksi, yang dipadukan dengan perangkat keselamatan dan penambah kestabilan karena jarak ke tanahnya yang lebih tinggi dari mobil jenis lain.

5. Reputasi merek
Di luar dari keunggulan teknis mobil, hal yang tidak kalah penting bagi pelanggan adalah nama besar dan reputasi sebuah merek otomotif yang telah berpengalaman dan piawai dalam menciptakan sebuah SUV yang baik.

“Membeli SUV membutuhkan pertimbangan matang, karena selain dari fungsi dan kemampuan pelanggan juga perlu melihat reputasi produsen. Contohnya, beragam SUV Suzuki masih sering dijumpai dan digunakan,” ujar Donny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya