Jangan Cuma Jas Hujan, Siapkan Perlengkapan Ini saat Naik Motor Basah-basahan

Ilustrasi mengendarai motor saat hujan.
Sumber :
  • Bikebandit

Jakarta, 1 Februari 2024 – Musim hujan merupakan waktu yang penuh tantangan bagi pengendara motor. Jalanan yang licin, jarak pandang yang terbatas, dan cuaca yang tidak bersahabat dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Oleh karena itu, penting bagi pengendara motor untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki musim hujan. Salah satu persiapan yang paling penting adalah memastikan kelengkapan perlengkapan berkendara.

Berikut adalah beberapa perlengkapan berkendara motor yang wajib disiapkan jelang musim hujan, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

1. Jas Hujan
Jas hujan adalah perlengkapan utama yang harus dibawa saat musim hujan. Pilihlah jas hujan yang terbuat dari bahan yang tahan air dan tidak mudah sobek. Ada berbagai macam model jas hujan yang bisa dipilih, seperti jas hujan ponco, setelan, dan mantel. Pilihlah model yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berkendara motor di musim hujan

Photo :
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

2. Helm dengan Anti Fogging Pinlock
Hujan yang deras bisa membuat embun atau kabut muncul di permukaan helm. Ini dikarenakan adanya perbedaan suhu yang terjadi antara udara yang dingin dengan napas Anda. Jika dibiarkan begitu saja akan membuat visibilitas menjadi terganggu.

Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya siapkan helm yang dilengkapi dengan Anti Fogging Pinlock atau pelindung visor anti-embun. Bila perlu, siapkan cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm agar tetap jernih setelah terkena hujan deras.

3. Sepatu Tahan Air
Sepatu jenis ini dirancang untuk menjaga kaki tetap kering dan aman terlindungi. Pilihlah sepatu tahan air dengan jahitan tertutup dan dari bahan yang anti air. Jangan lupa untuk memilih ukuran yang pas agar air hujan tidak merembes dan masuk ke bagian dalam sepatu.

4. Sarung Tangan Anti Air
Perlengkapan berkendara berikutnya yang tahan air dan patut Anda miliki adalah sepasang sarung tangan. Carilah sarung tangan yang kedap air agar mampu mencegah air masuk ke bagian dalam sehingga tangan tetap kering.

Selain itu, sarung tangan tersebut juga tidak licin sehingga bisa mempertahankan cengkeraman pada kontrol stang kendaraan.

5. Pelapis atau Tas Tahan Air
Bagi pemilik motor yang melengkapi kendaraannya dengan boks motor, bagasi, atau tas pelana, sebaiknya beri perlindungan tambahan berupa pelapis tahan air agar barang bawaan tetap kering.

Sedangkan bagi yang tidak dilengkapi dengan bagasi, sebaiknya gunakan tas dengan pelapis tahan air. Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya untuk menghindari terlalu banyak membawa barang saat musim hujan.

6. Rompi Pelindung Hujan
Perlengkapan yang satu ini memang tidak wajib dimiliki namun setidaknya rompi yang tahan air dapat memberikan lapisan pelindung tambahan bagi tubuh Anda dari terpaan angin dan hujan sepanjang perjalanan.

7. Pakaian Anti Air
Apabila memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya jika memiliki pakaian anti air yang memang dirancang secara khusus untuk pengendara motor. Seperti halnya rompi, pakaian anti air ini akan memberikan perlindungan ekstra sehingga membuat Anda aman dari terpaan angin dan hujan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya