5 Tips Mendeteksi Kerusakan Shockbreaker Sepeda Motor

Servis motor Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

Jakarta, 27 Januari 2024 – Shockbreaker atau peredam kejut merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk meredam hentakan yang dihasilkan dari jalanan yang tidak rata atau berlubang.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Jika shockbreaker mengalami kerusakan, maka akan mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa trik untuk mendeteksi kerusakan shockbreaker motor, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

1. Sudah melebihi masa pakai
Tidak ada aturan resmi berapa lama masa pakai shockbreaker. Namun, secara umum, shockbreaker disarankan untuk diganti setiap 2 tahun sekali.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Jika motor Anda sudah berusia lebih dari 2 tahun, sebaiknya lakukan pemeriksaan kondisi shockbreaker secara rutin. 

Shockbreaker depan motor.

Photo :
  • Youtube
Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

2. Periksa apakah ada kebocoran oli
Shockbreaker yang mulai aus akan menyebabkan kebocoran oli. Kebocoran oli ini dapat mengganggu kinerja dan membuat motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai.

3. Tidak nyaman saat berkendara di jalan bergelombang
Shockbreaker yang sudah aus akan terasa tidak nyaman saat melewati jalan bergelombang atau tidak rata. Motor akan terasa lebih goyang dan menimbulkan suara hentakan yang keras.

Cara memeriksanya adalah dengan berkendara di jalan yang bergelombang. Jika motor terasa goyang dan mengeluarkan suara hentakan yang keras, maka shockbreaker Anda perlu diganti.

4. Ban belakang mulai bergoyang
Kerusakan shockbreaker juga dapat menyebabkan ban belakang menjadi bergoyang saat motor dikendarai. Hal ini dapat membahayakan keselamatan pengendara, terutama saat melewati jalan yang licin.

Cara memeriksanya adalah dengan berkendara di jalan yang lurus. Jika ban belakang terasa bergoyang, maka shockbreaker Anda perlu diganti.

5. Adanya perubahan ketinggian dari motor
Shockbreaker yang sudah aus dapat menyebabkan perubahan ketinggian dari motor. Hal ini dapat dirasakan saat motor melewati polisi tidur atau jalanan yang menanjak.

Cara memeriksanya adalah dengan melewati polisi tidur atau jalanan yang menanjak. Jika bagian bawah motor terlihat menempel pada jalan, maka shockbreaker Anda perlu diganti.

Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa tanda-tanda di atas, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya