Faktor-faktor yang Buat Pengemudi Mengantuk

Tidur di mobil.
Sumber :
  • www.kesekolah.com

VIVA.co.id - Pengemudi yang melintasi Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) harus tetap waspada, karena jalur yang relatif lurus akan membuai pengemudi untuk memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Minimnya rambu lalu lintas, rest area, dan lampu penerangan membuat kecelakaan mudah terjadi pada ruas tol ini.

Menurut data dari kepolisian, sejak dibuka Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015 lalu, sudah terjadi 30 kali kejadian kecelakaan lalu lintas di ruas tol Cipali.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Akibat kecelakaan itu, tiga orang meninggal dunia. Menurut informasi yang diberikan pihak berwenang, selain akibat menabrak hewan liar yang melintas, sebagian besar kecelakaan disebabkan pengemudi yang lelah dan mengantuk.

Pada umumnya, rasa kantuk saat menyetir mobil terjadi akibat kurang tidur, atau ketika sopir terpaksa mengemudi di waktu, atau jam tidur. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan rasa lelah atau kantuk menyerang, seperti yang dilansir dari Astraworld, Senin 13 Juli 2015, berikut ini:

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Jalur panjang dan lurus

Berbeda dengan mengemudi di perkotaan, jalan yang lurus dan panjang cenderung membosankan dan membuai. Hal inilah yang menyebabkan pengemudi lebih mudah merasa lelah, mengantuk dan, bahkan tertidur sesaat.

Gangguan tidur

Mereka yang ritme tidurnya tidak teratur, bisa menderita gangguan tidur. Gangguan ini dapat mengakibatkan penderitanya sulit terlelap dan susah untuk beristirahat. Hal ini akan membuat Anda mudah terserang rasa lelah. atau mengantuk saat mengemudi.

Obat-obatan

Ketika mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk, sebaiknya Anda tidak mengemudikan kendaraan. Beberapa obat yang dapat menyebabkan kantuk, yaitu obat sakit kepala dan obat batuk. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya