Besar Tidaknya Tenaga Mesin Ditentukan Tiga Desain Ini

Ilustrasi piston dan setang piston mesin.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id - Bagi masyarakat awam, sebuah motor dengan kapasitas mesin 150cc memiliki kemampuan sama dengan motor lain yang juga memakai mesin 150cc.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, para pecinta otomotif tentu paham bahwa meski kapasitas mesinnya sama, belum tentu tenaga dan karakter yang dihasilkan mesin juga serupa. Hal ini, karena untuk mendapatkan angka 150cc, produsen memiliki tiga cara yang berbeda.

Dilansir dari Bikesindia, Selasa 28 Juli 2015, tiga cara yang dimaksud adalah perbandingan antara panjang langkah dengan diameter piston mesin. Sekedar informasi, piston adalah benda yang berfungsi untuk mengubah tenaga dari pembakaran bahan bakar menjadi energi gerak.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Dengan menggunakan satuan inci, atau milimeter, karakter dari mesin bisa dilihat melalui langkah setang dan ukuran piston. Bila setang piston panjangnya lebih besar dari diameter piston, mesin tersebut dikatakan undersquare.

Sementara itu, bila ukuran piston yang lebih besar ketimbang panjang setang, maka sebutannya oversquare. Terakhir, panjang setang sama persis dengan diameter piston, sehingga disebut dengan square.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Karakter mesin dengan desain undersquare adalah mampu menghasilkan torsi lebih besar, sedangkan pada oversquare tenaganya yang lebih besar. Mesin dengan desain square memiliki karakter seimbang antara tenaga dan torsi.

Mesin undersquare biasa digunakan pada mobil, atau motor berukuran kecil, yang cenderung membutuhkan torsi besar untuk bergerak. Sementara itu, mobil jenis Crossover Utility Vehicle (CUV) biasanya mengandalkan mesin square. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016