Bingung Cara Membaca Kode Ban Mobil? Ini Caranya

Kode pada ban
Sumber :
  • pinterest

VIVA.co.id - Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui cara membaca kode ban motor. Padahal, ini sangat penting terkait dengan masa penggunaan atau masa kedaluwarsa pemakaian ban pada kendaraan.

Standarnya, masa penggunaan ban mobil adalah tiga tahun dari saat ban tersebut diproduksi. Namun, tak sedikit yang menggunakan patokan kilometer untuk masa pemakaian ban. Idealnya setelah menempuh jarak 60.000 km.

Pemahaman mengenai masa pemakaian ban ini tentu sangat penting, mengingat semakin lama ban diproduksi, maka semakin rentan pula ban tersebut menghadirkan masalah yang ujung-ujungnya justru akan membuat repot.

Dilansir Pinterest, Selasa 29 September 2015, beberapa produsen ban memang memiliki kode-kode ban yang berbeda. Ada yang menggunakan lima digit hingga tujuh digit. Namun, yang pantas dicermati tentu empat digit terakhir.

Sebab, empat digit dari belakang menjadi sebuah standar internasional yang harus dicantumkan produsen ban mobil. Empat digit terakhir itu yang menandakan minggu atau pekan dan tahun produksi ban tersebut.

Sebagai contohnya, untuk kode X22001 maka itu menandakan ban tersebut diproduksi pada pekan ke-20 pada tahun 2001. Begitu juga dengan kode 1012 seperti yang tercantum dalam gambar. Hal itu menandakan ban ini dibuat pada pekan ke-10 pada tahun 2012.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Baca juga:

Selain kode produksi, ban juga mencantumkan kode ukuran ban. Sebagai contoh, 120/70-17 67H. Untuk 120 menunjukkan kode untuk lebar ban dalam satuan milimeter. Untuk 70 berarti perbandingan tinggi ban dan lebar ban, yakni dengan perhitungan 70 persen x 120 mm = 85,2 mm.

Sementara itu, untuk 17 berarti diameter velg dalam satuan inchi. Dan untuk 67 menunjukkan kode untuk beban maksimum yang dapat ditanggung. Dari data load index/LI untuk kode 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban seberat 307 kg.

Dan yang terakhir, huruf H menunjukkan batas kecepatan pemakaian ban tersebut. Nah, berikut ini kode dan batas kecepatan ban:

Q adalah kode untuk kecepatan maksimal = 160 km/jam
S adalah kode untuk kecepatan maksimal = 180 km/jam
T adalah kode untuk kecepatan maksimal = 190 km/jam
U adalah kode untuk kecepatan maksimal = 200 km/jam
H adalah kode untuk kecepatan maksimal = 210 km/jam
V adalah kode untuk kecepatan maksimal = 240 km/jam
W adalah kode untuk kecepatan maksimal = 270 km/jam
Y adalah kode untuk kecepatan maksimal = 300 km/jam
Z adalah kode untuk kecepatan di atas = 240 km/jam

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016