Ternyata Jarang Isi Bensin Full Tank Berbahaya

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Salah satu perilaku yang kerap dilakukan para pemilik kendaraan yakni mengisi bahan bakar kendaraannya tidak full. Hal itu dilakukan karena berbagai alasan, mulai dari kocek yang terbatas hingga malas. Bahkan, tak jarang pula sebagian pengendara mengisi bensin saat kendaraan hanya akan digunakan saja.

Dilansir situs resmi Toyota, kebiasaan tersebut ternyata tidak dianjurkan dan membawa dampak buruk di jangka panjang.

Disebutkan, dengan minimnya volume bahan bakar yang tersedia, pompa bahan bakar tidak berada dalam posisi yang terendam. Jika demikian, kecenderungannya mobilĀ  kerap bermasalah jika tengah bermanuver, karena berkaitan dengan asupan bensin yang dipasok.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

[Baca juga: ]

Bahayanya, mesin mobil bisa berhenti secara mendadak karena terputusnya asupan bensin dan tidak menutup kemungkinan juga akan tertabrak oleh kendaraan yang tepat berada di belakang. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi di jalan bebas hambatan.

Selain itu, dampak buruk lainnya, tangki yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong di dalamnya semakin luas, sehingga menyebabkan terjadinya proses kondensasi. Kondensasi adalah pengembunan atau perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan.

Menurut Kepala Bengkel Mobil RAPI46, Agus Susanto, uap air yang terdapat dalam tangki pada akhirnya akan berubah menjadi titik air dan mengendap dalam tangki kendaraan. Alhasil, logam material tangki akan cepat berkarat.

[Baca juga: ]

"Jumlah udara dalam tangki yang kosong akan semakin banyak. Artinya, potensi karat yang ditimbulkan juga lebih besar. Banyaknya kotoran yang terdapat dalam tangki, filter bensin dan pompa bensin (rotak) harus bekerja lebih keras dan bisa menimbulkan panas, akibatnya, rotak bisa mati sendiri," ujar dia di situs resmi bengkel Mobil RAPI46.

Kata dia, jika proses gempuran karat sudah menggejala, tentu potensi tangki bocor akan semakin luas.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

"Apalagi kalau (kendaraan dengan bensin tak penuh) sering digunakan siang saat matahari tengah terik-teriknya. Penguapan akan semakin cepat di tangki dan tangki bensin akan mudah karatan. Kalau sudah begitu, maka akan mudah bocor," kata dia.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016