Bagian Motor Ini Paling Sering Rusak Saat Musim Hujan

Bengkel Dadakan di Daan Mogot
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Para pengendara motor kini harus waspada dengan datangnya musim penghujan di akhir tahun ini. Maklum, tingginya curah hujan kerap menimbulkan masalah bagi para biker.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Ya, beberapa komponen motor memang lebih berisiko mengalami gangguan saat musim hujan tiba. Hal itu juga dibenarkan Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman.

Menurut Rohman, beberapa komponen motor lebih rentan rusak akibat seringnya terkena air.

"Bagian motor yang paling cepat rusak bila terkena air adalah bagian yang bergesekan, seperti gear roda dan rantai, bearing, magnet, spool dan CVT," katanya kepada VIVA.co.id, Kamis 3 Desember 2015.

Ade menambahkan bila komponen tersebut rentan terhadap air karena, terbuat dari logam dan besi yang dapat dengan mudah berkarat apabila sering terkena air.

"Karena umumnya komponen tersebut terbuat dari besi atau logam yang rentan berkarat. Sehingga disarankan untuk sebagian komponen tersebut dilumasi agar tidak mudah berkarat," tambahnya.

Meski demikian, Motor yang sering terkena hujan, belum tentu lebih cepat rusak. Karena yang menentukan usia pemakaian sebuah kendaraan bermotor adalah pemiliknya sendiri.

"Belum tentu sepeda motor akan cepat rusak karena sering dipakai pada saat hujan, yang menetukan masa pakai adalah system dan jadwal perawatannya. Karena itu, semuanya kembali lagi pada pemilik kendaraan," katanya.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016