Hobi Touring, Ini Tips Jinakkan Jalan Berliku dan Tanjakan

Motor listrik Zero SR.
Sumber :
  • Dok: Zero Motorcycle

VIVA.co.id - Bagi Anda para biker yang hobi touring, tentu selain kelengkapan dalam berkendara, juga membutuhkan teknik berkendara yang aman. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menjinakkan jalan berbelok-belok dan naik turun.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tips ini disampaikan Irfandi Achmad, sebagai Safety Riding Officer Astra Motor Papua dalam situs Astramotor. Tips ini tentu sangat penting, terutama bagi para pemula yang saat ini tengah gandrung touring dengan berbagai medan.

Menurut Irfandi, saat ini masih masih banyak pengguna kendaraan bermotor pemula yang masih kurang paham cara berkendara motor di jalan berbelok-belok dan naik turun.

Nah, berikut ini tips berkendara motor saat di jalan berbelok-belok:

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Yang pertama, mata atau arah pandangan ke arah yang dituju. Hal ini untuk mengetahui kondisi di area yang akan dituju, atau mendapatkan informasi di sekitar area yang dituju.

Karena jarak pandang terbatas saat menikung, maka kemungkinan akan bertemu dengan objek lain yang tidak terlihat harus diwaspadai. Jangan sampai terkejut, saat menjumpai obyek atau kendaraan lain.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Yang perlu di perhatikan juga, Anda harus kontrol kecepatan, disebabkan bagian roda kendaraan yg menempel di permukaan jalan lebih sedikit bila dibandingkan saat di jalan lurus.

Tidak disarankan menambah kecepatan, atau mengurangi secara mendadak. Sebab, kendaraan akan menjadi tidak stabil. Saat akan memasuki tikungan kurangi kecepatan, kemudian menikung dengan kecepatan yang konstan, dan tambah kecepatan saat keluar dari tikungan.

Tak lupa, postur tubuh saat menikung juga perlu diperhatikan. Ada beberapa teknik postur tubuh saat menikung, atau berbelok.
1. Lean With The Bike, yaitu kemiringan tubuh mengikuti kemiringan motor saat menikung atau berbelok.

2. Lean in, biasanya dipakai saat kendaraan dalam keadaan kecepatan tinggi kemiringan tubuh lebih miring dari sepeda motornya.

3. Dan, lain hal nya bagi pengguna motor traill (Cross) cenderung melawan kemiringan sepeda motor atau biasa di sebut lean out.

Selamat mencoba..... (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016