Mobil Terendam Banjir? Wajib Lakukan Langkah Ini

Mobil Terendam Banjir di Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Seiring dengan datangnya musim hujan dan ancaman banjir di Jakarta tentu pantas diwaspadai. Termasuk bagi para pemilik kendaraan roda empat yang bisa saja kena imbas dari 'acara tahunan' ini.

Tak hanya di pemukiman-pemukiman penduduk, ancaman banjir juga kerap ditemui di hampir semua jalanan Jakarta saat musim hujan tiba. Tentu sangat penting bagi para pemilik mobil untuk memahami situasi ini dengan bijak.

Bukan rahasia lagi jika dengan datangnya musim hujan, banyak kendaraan termasuk roda empat yang harus terendam banjir. Namun, tenang saja, sebenarnya ada tips sederhana yang dapat dilakukan jika kendaraan Anda terendam banjir.

Hal ini diungkapkan Wawan, salah satu teknisi sebuah bengkel yang ada di daerah Ciputat. Wawan menyarankan para pemilik mobil yang menjadi korban banjir segera melakukan langkah-langkah pencegahan sehingga tak akan terjadi hal yang tak diinginkan.

"Tak perlu panik, segera lepaskan kabel negatif pada aki. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari arus pendek yang tentunya dapat merusak komponen lainnya," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id.

Langkah kedua, masih menurut Wawan, segera nonaktifkan rem parkir dan gunakan batu atau bisa juga dengan memasukkan perseneling ke gigi 1 atau posisi P untuk kendaraan matik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol.

"Setelah itu cek semua oli atau minyak pelumas baik yang ada di mesin, transmisi atau di beberapa bagian mobil lainnya. Hal ini dilakukan karena oli berpotensi bercampur air. Dianjurkan segera kuras oli dan ganti yang baru," terang Wawan.

Langkah terakhir, menurut Wawan, jika kendaraan sudah mulai memungkinkan untuk dikendarai maka segera dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Nah, jika tips ini dilakukan tentu kerusakan parah akibat terendam banjir dapat diminimalisir. (one)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017