Pelek Jari-jari Bisa Pakai Ban Tubeless, Siapkan Rp25 Ribu

Ban tubeless
Sumber :
  • Motobike

VIVA.co.id – Banyak kita temukan jika pengguna pelek jari-jari pada sepeda motor sering kali mengalami banyak kendala bila ingin mengganti ban kendaraannya dengan model ban tubeless. Sebab, pasangan ban yang umum untuk pelek jari-jari pada dasarnya adalah ban dengan menggunakan ban dalam atau tube type. Sementara ban tubeless pada dasarnya digunakan dengan pelek racing atau palang.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Penggawa Planet Ban Pondok Gede, Iqbal, mengatakan dahulu jika pemilik ingin menggunakan ban tubeless pada pelek jari-jari salah satu solusinya adalah melapisi dengan silicone glass sealant hingga berlapis-lapis. Hal ini dikarenakan desain bagian dalam pelek jari-jari yang banyak berlubang.

"Ribet dan mahal karena harus dilapisi pakai silicont glass sealent, sudah begitu peleknya harus model tapak lebar tidak bisa pelek sembarangan," kata Iqbal kepada VIVA.co.id, Selasa 8 November 2016.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Namun kini, dilanjutkan dia, bagi pengguna pelek jari-jari sudah bisa dengan mudah menggunakan ban tubeless. Caranya cukup simpel dan tergolong murah. "Sekarang pakai manset saja sudah cukup, mau model pelek jari-jari kayak apa semua bisa," ungkap dia.

Pelek motor model jari-jari.

Modifikasi Motor Baru, Catat Hal-hal Ini Agar Garansi Tak Gugur

Manset adalah selembar karet yang berfungsi melapisi bagian dalam pelek sehingga udara tidak keluar saat diisi angin bertekanan tinggi. "Sebelum pasang ban tubeless pasang dulu manset di dalam peleknya," katanya menambahkan.

Menurut Iqbal, biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menggunakan ban tubeless ke pelek jari-jari tak sampai Rp30 ribu. "Manset harganya murah, cuma Rp25 ribu, itu sudah termasuk ongkos pasang," kata Iqbal.

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson dengan roda tiga ini menjadi yang terbaik pada ajang Kustomfest 2023 yang berlangsung di Yogyakarta. Motor tersebu digarap bengkel asal Ciputat, Tanngsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023