Alasan Pentingnya Tangki Bensin Selalu Terisi Penuh

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pemilik kendaraan terutama roda empat perlu memerhatikan kendaraannya terutama pada musim hujan. Jangan sampai tangki bensin tercampur dengan air. Sebab bisa-bisa menyebabkan mesin mobil brebet sampai mati.

Pemotor Ini Mendadak Viral saat Isi Bensin

Instruktur Technical Service Training PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ichsan Adi Permana, memberi tips mudah cara mencegah bensin tercampur air yang bisa menimbulkan efek mengerikan pada kendaraan. Menurut dia, yang harus dilakukan pemilik kendaraan adalah menjaga sebisa mungkin agar level bahan bakar minyak di dalam tangki selalu terisi penuh.

"Tangki jangan selalu dibiarkan kosong. Karena ketika tangki kosong di situ akan ada proses pembentukan air dari udara," kata Ichsan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 17 November 2016.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Ichsan menambahkan, untuk mobil-mobil yang sudah berumur lawas bisa dilakukan pemeriksaan selang pengisian tangki atau gasket fuel pump agar jangan sampai retak atau kendor pemasangannya.

"Karena bisa jadi air masuk ketika melewati genangan air yang cukup tinggi apalagi mobil yang memiliki mobil memiliki ground clearance yang rendah," ungkapnya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Jalan yang terdapat genangan air atau banjir lebih rawan membuat tangki bensin kemasukan air. Jika sudah demikian, dia menyarankan agar pemilik kendaraan menguras tangki bensin. "Harus segera menguras tangki bensin dan membersihkan injektor dengan menggunakan injector cleaner dan cairan pembersih injektor," katanya.
 

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024