Hati-hati Pasang Lampu LED pada Mobil, Wajib Tahu

Lampu mobil kombinasi LED dan HID.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Agar penerangan lampu mobil lebih terlihat elegan tentu salah satu caranya dengan mengganti lampu utama dengan projektor LED aftermarket. Akan tambah keren lagi jika ada penambahan Day Time Running Light (DRL) yang tentu akan membuat mobil tampak mewah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah custom kedua lampu itu aman dan tidak perlu dilakukan perawatan? Untuk menjawab itu, VIVA.co.id mencari jawaban dari ahlinya, Dikin Widhiarto, kepala mekanik Auto K-33.

Menurut Dikin, jika pemasangan dan pemilihan watt lampu tidak tepat justru dapat merusak merusak kendaraan. Kata dia, kalau pemasangan sudah benar tidak ada cara khusus untuk perawatannya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Ada saja toko aksesori yang sekadar pasang karena alat yang minim, sering terjadi saat proses pengeleman ulang di headlamp tidak merekat, jadi air bisa masuk ke dalam rumah lampu. Hal itu justru berpotensi merusak mobil," ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu 25 Januari 2017.

Lanjut dia, jika LED sudah terkena air atau embun pasti akan rusak, karena komponennya berbeda dengan bohlam. "Untuk watt tetap harus disesuaikan dengan kekuatan mika lampu agar hawa panas tidak menguap di dalam," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022