Dua Trik Ampuh Hapus Noda Membandel di Jok Mobil

Membersihkan jok mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Membersihkan jok mobil memang terbilang susah-susah gampang. Diperlukan upaya yang tepat agar noda pada jok hilang dengan sempurna. Jika tidak, justru akan menjadi momok tersendiri. Untuk menjaga kebersihan, sebenarnya Anda cukup menggunakan vacum cleaner atau lap biasa.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tetapi terkadang kita tak bisa menghindar jika tiba-tiba jok terkena noda membandel dan susah dihilangkan seperti minuman atau makanan yang tak sengaja tertumpah di jok mobil. Lantas bagaimana penanganannya?

Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Selasa 27 Juni 2017, tentu hal ini membutuhkan perawatan ekstra, karena untuk membersihkannya Anda harus hati-hati dan harus paham dengan bahan jok mobil tersebut. Karena berbeda bahan akan berbeda pula trik dan cara menghilangkan nodanya.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Jangan sampai salah menggunakan cairan pembersih agar tak merusak kontur jok mobil. Untuk jok berbahan kain atau beludru, bisa menggunakan detergen yang lembut. Langkah awal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu gunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas atau kerak noda.

Setelah itu, campurkan detergen cair dengan air hangat kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok terlalu basah, kemudian endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sementara jika jok berbahan kulit, gunakan kondisioner khusus. Jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan, tapi juga tidak bisa sembarangan dalam merawatnya terutama dalam memilih bahan pembersih. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga, Anda bisa membersihkan dengan air detergen khusus, jok kulit lalu ditutup dengan memberikan cairan atau kondisioner khusus. Selain mudah, tentunya dua trik di atas cukup aman untuk jok Anda. Selamat Mencoba.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022