Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Membersihkan jok mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Pemilik kendaraan mobil kerap mengabaikan kebersihan bagian interior, yaitu jok atau tempat duduk. Padahal, jika dirawat dengan benar akan memaksimalkan kenyamanan ketika berkendara.

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas

Apabila tidak segera dibersihkan, jok mobil yang kotor akan jadi sarang kuman dan debu. Sebenarnya, tidak sulit untuk membersihkan bagian tersebut, baik itu bahan kain maupun kulit.

Bahkan bisa dilakukan di rumah saja untuk membersihkanya, dan tak perlu pusing dengan biaya perawatan kendaraan yang menguras kantong. Cukup dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah, bisa membuat jok mobil kembali bersih.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari Robbinsnissan, Senin 7 Maret 2022, ada beberapa langkah mudah membersihkan jok mobil dengan produk sekitar rumah. Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti kain microfiber, bubuk soda kue, sabun, sikat, dan alat semprot.

Bersihkan jok mobil

Photo :
  • Toyota Astra
Daftar Kebiasaan Sepele yang Bikin Rusak Cat Mobil

Langkah kedua, gunakan sabun khusus pembersih yang dicampurkan air hangat dan dimasukkan ke alat semprot. Setelah itu, semprot bagian jok mobil hingga merata, lalu lap menggunakan kain dengan hati-hati.

Namun, apabila masih terlihat kotor bisa tambahkan soda kue yang dicampurkan dengan air hangat. Digadang-gadang, bahan rumahan itu bisa menghilangkan noda yang membandel pada benda.

Cukup semprotkan campuran air dan soda kue ke bagian jok mobil yang terlihat kotor. Lalu, sikat hingga bersih secara perlahan agar tidak mengalami kerusakan pada kain. Namun, jika noda terasa sulit hilang maka diamkan pembersih itu sekitar 30 menit.

Langkah selanjutnya, keringkan jok mobil dengan mengambil kain baru yang masih kering, dan lap bagian yang terlihat basah. Perlu diketahui, jangan gunakan kendaraan ketika jok masih basah karena akan menimbulkan bakteri pada jok mobil.

Terakhir, semprotkan cairan khusus anti kuman pada bagian jok mobil secara merata. Cara ini untuk mengantisipasi agar kuman dan bakteri tidak menempel pada kursi kendaraan.

Perlu diingat, kurangi kebiasaan makan dan minum di dalam mobil. Kebiasaan ini tidak hanya membuat jok menjadi kotor, tetapi juga membuatnya bau dan tercampur dengan kuman yang mengendap terlalu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya