Cara Tepat Cuci Mobil Bekas Banjir, Perlu Tahu

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA – Setelah melibas banjir, ada pemilik mobil yang memilih mencuci mobil dengan sistem hidarulik. Artinya bukan hanya bodi yang dicuci, posisi mobil  diangkat dan bagian kolong ikut disemprot dengan air bertekanan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, perlukah mencuci mobil dengan cara ini? General Repair Service Manager TAM, Iwan Abdurahman mengatakan, cara ini menjadi yang paling tepat lantaran bagian kolong lah yang paling dulu terkena air banjir.

"Justru kolongan mobil yang harus dapet special perhatian, karena kolongan yang duluan kena air banjir di jalanan," kata Iwan kepada VIVA, Selasa 12 Desember 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemilihan cara mencuci ini, dikatakan Iwan, cukup efektif. Posisi mobil yang diangkat membuat pemilik maupun operator cuci mobil bisa melihat kondisi kolong mobil.

Selain itu, mencuci bagian kolong juga baiknya dilakukan dengan air yang memiliki tekanan tertentu. Ini untuk membantu merontokkan kotoran atau lumpur yang sempat tertinggal di area bawah mobil. "Dengan air semprot memang lebih mudah, dibandingkan hanya di lap buat area kolong mobil," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022