Mobil Ditinggal Lama Saat Libur Panjang, Baca Tips Ini

Logo Daihatsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Tradisi mudik atau berwisata untuk mengisi libur Natal dan tahun baru sepertinya akan membuat Jakarta lengang dalam beberapa hari ke depan. Meski mobil pribadi masih menjadi kendaraan favorit, tentu tak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan angkutan umum.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Nah, bagi yang memilih mudik atau berwisata menggunakan kendaraan umum, tentu juga harus dipikirkan mobil pribadi mereka yang akan ditinggal dalam waktu relatif lama. Meski terlihat sepele, jangan sampai justru membuat masalah atau tidak nyaman saat Anda akan kembali menggunakan mobil Anda.

Berikut ini tips sederhana yang dapat Anda lakukan sebelum meninggalkan mobil di rumah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pertama, jangan lupa untuk melepaskan rem tangan. Jika rem tangan terus bekerja dengan tidak dilepas saat ditinggal, dikhawatirkan piringan rem dan minyak akan menjadi lengket.

Kedua, letakkan pengharum ruangan untuk mencegah bau apek selama mobil ditinggal. Lalu yang ketiga, jangan lupa untuk melepas kabel atau kepala aki. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko aki rusak atau kehilangan daya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Keempat, seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Jumat 22 Desember 2017, jangan lupa angkat wiper dari kaca mobil. Ini dilakukan untuk membuat karet wiper lebih awet, tidak cepat menguras dan kehilangan kelenturan.

Kelima, kalau bisa gunakan jack stand, untuk mengangkat mobil agar tidak menempel dengan lantai. Hal ini penting agar postur ban tidak berubah karena menahan beban mobil di titik yang sama terus-menerus. (art)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022