Tips Bersihkan Noda pada Jok Mobil, Pakai Cairan Cuci Piring

Bersihkan jok mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Kenyamanan dalam berkendara tentu juga ditentukan dari kondisi interior mobil. Jika interior mobil terlihat bersih, wangi dan rapih tentu Anda akan nyaman dan betah berada di dalamnya. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain lantai mobil yang mudah menempel kotoran, jok mobil dan dashboard juga rentan kotor. Namun bagi Anda yang menemukan noda kotoran pada jok mobil dapat memanfaatkan tips yang satu ini. Rupanya membersihkan jok mobil bisa menggunakan bahan di sekitar Anda.

Salah satunya dengan menggunakan cairan pencuci piring. Misran Hadi, Marketing Padi Car Leather Seat, mengatakan, cairan pencuci piring dapat digunakan untuk membersihkan noda yang sudah pekat pada jok dan dashboard.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun dengan catatan, bahan jok atau dashboard semi kulit atau sintetis. Jangan sekali-kali menggunakan cairan ini untuk material dari bahan kulit.

“Untuk bersihkan bahan sintetis bisa pakai Sunlight, tapi bilasnya jangan terlalu banyak air. Kalau untuk bahan kulit asli enggak bisa, karena kalau terkena air warnanya jadi beda, apa lagi cairan cuci piring bisa keras dan retak,” ujarnya kepada VIVA.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Lanjut dia, untuk bahan kulit asli cara bersihkannya pakai cairan khusus. Soalnya, bahan kulit asli jika sering terkena keringat saja mudah retak dan kotor, berbeda dengan bahan semi yang tidak begitu riskan. Maka kalau sekadar debu saja bisa lap pakai microfiber atau kanebo.

“Bahan lokal, kw apa lagi yang kualitasnya bagus seperti MBtech tidak apa-apa kalau di bersihkan pakai Sunlight untuk menghilangkan kotoran yang pekat. Tapi efek sampingnya jika terlalu sering, warna akan berubah karena cukup keras,” sambungnya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022