Jangan Asal Pakai Ban Tipe Sport

Teknisi F1 sedang memeriksa ban jelang balapan
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Ban yang diperuntukkan bagi mobil sport berbeda dengan ban mobil keluarga yang biasanya digunakan untuk harian. Sebab, setiap pabrikan memproduksi ban sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kendaraannya.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono, mengatakan, ban mobil sport yang digunakan untuk harian pasti memiliki kekurangan. Yaitu, saat digunakan akan terasa kurang nyaman.

"Ada kekurangan. Yang pertama, dirasakan kurang nyaman. Yang kedua, konturnya akan lebih keras," kata Tejo kepada wartawan di Jakarta.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Ban mobil sport yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari juga lebih berisik. Alasannya, kompon karet bundar yang digunakan lebih keras.

Meski kompon mobil sport lebih keras, namun akan lebih cepat habis bila digunakan untuk harian. Sebab, kualitas aspal yang kurang baik akan cepat mengikis kompon.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Itu sebabnya, ia menyarankan kepada para pemilik mobil untuk menggunakan ban sesuai keperluan. Tidak perlu membeli ban sport yang mahal, jika hanya digunakan untuk melaju dengan kecepatan rendah hingga sedang. (art)

Ilustrasi ban mobil bocor

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Modus kejahatan di jalan raya kian beragam, seperti yang baru-baru ini terjadi di media sosial menunjukkan aksi kejahatan dengan modus berteriak ban mobil kempes.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024