Jubir Prabowo Minta Bawaslu Tegas soal Video Wali Nagari Dukung Jokowi

Prabowo Subianto dan Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga, Andre Rosiade meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusut pernyataan Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang mendukung pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Ia menilai hal tersebut sebagai pelanggaran berat dan harus diberikan sanksi tegas.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Andre mengingatkan bahwa aturan terkait pejabat diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Terutama pada Pasal 282 menyatakan, pejabat negara, pejabat struktural, dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri, serta kepala desa dilarang membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan peserta Pemilu dalam masa kampanye," kata Andre melalui pesan singkat, Jumat 28 September 2018.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Ia menjelaskan di Sumatera Barat, kepala desa sama dengan wali nagari. Wali nagari yang terang-terangan mendukung, apalagi diupload di media sosial, media massa dan online itu, dianggap sebagai pelanggaran.

Andre pun meminta Bawaslu Pusat atau Bawaslu Sumbar mengusutnya. Karena, video tersebut terbukti telah beredar luas.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

"Soal sanksinya sudah diatur dalam Pasal 490. Setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, bisa dipidana paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp12 juta," lanjut Andre.

Kemudian, Andre mengharapkan, tak ada lagi pejabat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, atau nagari dan desa yang menyatakan dukung-mendukung terhadap pasangan tertentu. Apalagi dilakukan secara terang-terangan. Sebab, bisa mencederai demokrasi di Indonesia.

"Ini sudah jelas diatur dalam UU Pemilu, kenapa masih coba-coba lagi," kata Andre.

Sebelumnya, beredar video wali nagari se-Kabupaten Dharmasraya menyatakan sikap dukungan ke Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Dukungan itu diberikan karena keberhasilan dan perhatian Jokowi sangat besar untuk Kabupaten Dharmasraya. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia ini telah bermalam di Bumi Cati Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya.

Pernyataan dukungan tersebut dilakukan di Kantor Wali Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Kamis, 27 September 2018.

Wali Nagari Sungai Dareh Hendrianto, yang juga salah satu inisiator deklarasi dukungan terhadap Jokowi dan Ma'ruf Amin mengatakan eks Gubernur DKI itu sudah melakukan untuk perkembangan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya.

Menurut dia, masyarakat sudah merasakan manfaat baik dari program pusat berupa pembangunan infrastruktur maupun melalui pembangunan dana desa.

"Perhatian ini sangat kami rasakan dalam pembangunan di daerah,  kami berkumpul hari ini untuk menyatakan sikap untuk mendukung kembali Jokowi melanjutkan pembangunan dua periode," katanya. (ren)
    
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya