PKS Minta Jokowi Tagih Pengembalian Konsesi Lahan dari Luhut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta capres petahana Joko Widodo menagih juga pengembalian konsesi lahan yang dimilliki oleh orang-orang terdekatnya.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Menurut Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, lingkaran terdekat itu misalnya Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, hingga Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir.

"Sekarang Pak Jokowi, saya kira memulai dulu saja (menagih pengembalian konsesi lahan) dari lingkaran terdekatnya," ujar Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 25 Februari 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Pernyataan sendiri merupakan respons terhadap Jokowi yang mengaku hendak menunggu pengusaha yang ingin mengembalikan konsesi lahan yang disampaikan dalam pidato kebangsaan di Sentul Minggu kemarin, 24 Februari 2019. Jokowi saat itu melanjutkan salah satu isu dalam debat Pilpres kedua dengan Prabowo Subianto tentang kepemilikan lahan Prabowo.

Hidayat menyampaikan, meski Prabowo memang memiliki lahan dengan status HGU yang besar, tapi lingkaran terdekat Jokowi juga memiliki hal serupa. Jumlahnya juga diperkirakan cukup besar.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Di sekitar beliau ternyata ada Pak Erick Thohir yang ternyata menguasai konsesi lahan yang jauh lebih banyak daripada yang dimiliki Pak Prabowo, kemudian ada juga Pak Luhut Binsar Panjaitan," ujar Hidayat.

Hidayat menekankan, Jokowi harus memiliki ketegasan sikap yang ditunjukkan secara adil, tidak hanya kepada lawan politiknya saja.

"Jangan orang lain melaksanakan, sementara Anda (pengusaha di sekitar Jokowi) sendiri tidak melaksanakan," ujar Hidayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya