Bawaslu Telusuri Ada Bendera Golkar di Kampanye Prabowo

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan Misbah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Ketua Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu, Abhan Misbah mengatakan, dalam tiga hari masa kampanye terbuka pihaknya belum menemukan ada pelanggaran yang dianggap serius. Ia berharap tim pemenangan capres cawapres dan partai politik tetap memperhatikan rambu-rambu larangan.

Anies Bacakan Pantun dari Relawan Singgung 'Asam Sulfat': Iseng Kamu!

"Mudah mudahan tidak terlalu banyak yang melakukan pelanggaran substantif," kata  Abhan disela-sela diskusi di Jakarta, Selasa 26 Maret 2019.

Abhan mengungkapkan, beberapa pelanggaran kampanye terbuka yang sedang didalami oleh Bawaslu daerah tiga hari terakhir. Diantaranya pengibaran bendera Golkar saat Kampanye Prabowo di Makassar, padahal Golkar bukan pendukung capres  dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

KPU Bakal Tegur Capres-Cawapres yang Kampanye Terbuka di Luar Jadwal Zonasi

"Saat ini sedang ditindaklanjuti kawan-kawan di daerah. Ini untuk menentukan laporan atau temuan ini memenuhi pelanggaran pemilu atau tidak," ujarnya.

Selain itu Abhan mengungkaoan Bawaslu di daerah masih mendalami pelibatan anak dalam kampanye capres dan cawapres, karena dalam tiga hari masa kampanye Bawaslu masih melihat dan menerima laporan mengenai hak itu. 

Gibran Siap Disanksi Jika Dinilai Lakukan Pelanggaran Saat Kampanye di Ambon

“Melibatkan anak-anak dalam kampanye itu artinya melibatkan secara aktif. Misalnya diajak naik panggung dan nyanyi gitu. Kemudian di atas panggung teriakan yel-yel peserta pemilu tertentu. Itulah yang disebut melibatkan anak," tegasnya.

Selain itu ia kembali mengingatkan agar para pendukung tidak melibatkan anak anak dalam setiap kampanye.karean Bawaslu dalam tiga hari pemantauan kampanye capres dan cawapres masih menemukan anak anak dilibatkan dalam kampanye.

“Janganlah dilibatkan? dalam kontestasi politik ini. Jangan dilibatkan kampanye. Belum masanya, anak anak kan masih dalam masa masa bermain,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya