Pilkada Surabaya: Ritual Machfud Sebelum Nyoblos, Ziarah Makam Ortu

Cawalkot Surabaya Machfud Arifin, dan istri Lita Machfud
Cawalkot Surabaya Machfud Arifin, dan istri Lita Machfud
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA – Calon Wali Kota Surabaya nomor urut dua, Machfud Arifin, didampingi istrinya Lita Machfud, menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 25 Jalan WR Supratman, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 9 Desember 2020. 

Namun, sebelum dia dan keluarga menggunakan hak pilihnya di TPS, Machfud berziarah terlebih dahulu di makam kedua orangtuanya di TPU Keputih, Sukolilo. 

Di makam kedua orangtuanya itu, Machfud berdoa bersama anak yatim. Dari makam, ia langsung ke TPS. Machfud tiba di TPS sekira pukul 10.00 WIB. Ia datang dengan busana kemeja putih dengan tulisan 'Machfud Arifin' kecil di bagian kiri dadanya. 

Baca juga: Wali Kota Solo Usir Saksi dari Paslon Bajo

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur itu juga bermasker. Adapun istrinya, Lita, mengenakan baju panjang bermotif wajik kecil-kecil hitam putih. Ia berkerudung putih. 

Ia kemudian mencoblos setelah dipanggil oleh petugas KPPS. Kepada wartawan, Machfud mengaku datang ke TPS hanya bersama istrinya. Anaknya tinggal di Kalimantan dan di Jakarta. Tidak ber-KTP Surabaya. 

"Saya sama ibu saja (ke TPS)," ujarnya.