Aneka Rumor Corona: Merokok, Harry Potter, Raja Salman, Mal Kokas

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Raja Salman di Arab Saudi
Sumber :
  • Twitter.com/@setkabgoid

VIVA – Wabah virus Corona Covid-19 kian mendunia. Sebanyak 117 negara dilaporkan terjangkit hanya dalam waktu tak lebih dari empat bulan sejak Desember 2019. Lebih dari 100 ribu orang terinfeksi dan hampir 5 ribu orang tewas di seantero bumi akibat penyakit yang dinamai Covid-19 itu.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Indonesia mengumumkan 69 orang terinfeksi dan dua di antaranya meninggal dunia serta lima orang dinyatakan sembuh, menurut data Kementerian Kesehatan yang dimutakhirkan pada 13 Maret 2020.

Tak pelak lagi, kabar tentang bencana yang meneror dunia itu selalu menjadi objek penyebaran informasi yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan hilir mudik di media sosial selama sepekan terakhir. Cakupannya tak hanya domestik Indonesia, melainkan dunia; sebagian menyebut-nyebut tokoh dunia mulai dari selebriti sampai kepala negara, sebagian yang lain memuat info-info tentang penularan.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Tim VIVA Fakta telah menelusuri sebagian di antaranya dan memilah serta memilihkannya untuk pembaca. Fakta-fakta menarik hasil penelusuran itu dapat disimak dalam tujuh artikel berikut ini:

1. Mal paling beken di Jakarta dikabarkan di-lockdown

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Midnite Shoptacular Kota Kasablanka.

Beredar isu di media sosial tentang Mal Kota Kasablanka (Kokas) di-lockdown terkait isu virus corona baru atau Covid-19. Tak hanya di media sosial, pesan berantai juga beredar soal hal tersebut.

2. Nyamuk disebut dapat menularkan corona

Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti.

Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, jangan lupakan juga adanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti. Ada kekhawatiran nyamuk bisa menyebarkan Covid-19.

3. Virus corona disebut dapat menular melalui jenazah pasien

Ilustrasi Jenazah.

Pasien positif virus corona atau Covid-19 meninggal dunia. Warga negara asing dengan usia 53 tahun itu diketahui memang sudah mengidap hipertensi, diabetes, dan penyakit paru-paru yang diperparah dengan Covid-19.

4. Raja Arab Saudi dikabarkan wafat

Raja Salman membaca dokumen ketika ia menerima dua duta besar Saudi yang baru diangkat di istananya.

Beredar kabar bahwa Raja Salman meninggal di media sosial Twitter. Di antaranya akun Twitter @SaveMoslem1 yang mencuit, "Benarkah ada kudeta dan raja Salman meninggal?" Akun-akun twitter lainnya pun mempertanyakan kabar serupa. Bahkan, ada juga yang mengaitkan informasi itu dengan perang saudara tiga pangeran.

5. Pemeran film Harry Potter dikabarkan terinfeksi corona

Daniel Radcliffe

6. Hewan peliharaan dikabarkan dapat menularkan corona

Penampungan Hewan Peliharaan Terdampak Erupsi Gunung Agung

Wabah virus corona baru atau Covid-19 telah menginfeksi sebanyak 113.702 orang di seluruh dunia dengan 4.012 kematian sesuai data WHO. Banyaknya orang yang terjangkit memunculkan kekhawatiran hewan peliharaan yang bersangkutan juga ikut terjangkit.

7. Merokok disebut berguna menangkal corona

Ilustrasi merokok.

Sempat beredar artikel soal merokok menjadi salah satu cara mencegah virus corona atau Covid-19. Artikel tersebut juga mengutip dan menerjemahkan laman question and answer (Q&A) WHO. Dalam artikel tersebut dituliskan kaitan rokok dengan Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya