Video Perawat Diperkosa dan Ditikam di Jalan, Cek Faktanya

Hoax video perawat diperkosa dan ditikam di jalan
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Melalui situs web berbagi video Youtube, beredar sebuah video dengan judul berbahasa tagalog “News Updates: frontliner ginahasa at pinagsasaksak ng isang lalaki dead on arrival sa hospital!”. Apabila diartikan ke bahasa Indonesia berarti “Berita Terbaru: Seorang Perawat garis depan diperkosa dan ditikam oleh seorang pria di jalan yang mati setibanya di rumah sakit!”.

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Video tersebut diunggah oleh channel News and celebrities updates pada 13 Juni 2020. Hingga saat ini video tersebut telah disaksikan 5,5 ribu kali oleh pengguna Youtube lainnya. 

Hasil Cek Fakta

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, dilansir cekfakta.com, diketahui bahwa klaim yang diberikan oleh akun Youtube News and celebrities updates adalah salah atau tidak sesuai dengan fakta.

Coba melakukan penelusuran dengan mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa video serupa pernah diunggah oleh channel yang sudah terverifikasi, yakni The Bakchod pada 17 Maret 2017. Jika mengacu pada video dan keterangan yang diberikan oleh channel The Bakchod, diketahui bahwa video tersebut dibuat sebagai bentuk kampanye kesadaran pelecehan seksual yang kerap terjadi di wilayah India.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Jika merujuk pada referensi yang ada, unggahan channel News and celebrities update adalah salah dan masuk ke dalam kategori false context. Konten jenis ini biasa memuat foto, video, atau peristiwa yang pernah terjadi, namun secara konteks yang dituliskan adalah salah.

Kesimpulan

Informasi yang salah. Faktanya video tersebut merupakan kampanye kesadaran pelecehan seksual yang kerap terjadi di India. Video sendiri diunggah pada 17 Maret 2017 oleh salah satu channel yang sudah terverifikasi oleh Youtube.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya