Cek Fakta: Ma'ruf Amin Maklumi Gaji Guru Kecil dengan Imbalan Surga

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook yang mengunggah gambar tampilan sebuah artikel media daring dengan wajah Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Putra Inka mengunggah sebuah tangkapan layar berupa artikel dari Pikiranrakyat.com dengan judul “Tak Punya Solusi Soal Honorer, Maruf Amin Guru Maklumi Gaji Kecil Dengan Imbalan Surga” yang tayang pada pukul 14.14 WIB, 19 Juli 2020.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran, faktanya, unggahan tangkapan layar artikel milik Pikiranrakyat.com sudah mengalami suntingan atau editan di bagian judul. Artikel asli yang tayang pada tanggal dan jam itu berjudul “Ma’ruf Amin: Pesantren Berpotensi Jadi Klaster Baru Virus Corona, Ini yang Saya Lebih Takutkan”.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Sementara judul artikel yang diunggah akun Putra Inka merupakan pelintiran dari judul artikel milik Vice.com yang berjudul “Tak Punya Solusi Soal Honorer, Mendikbud Minta Guru Maklumi Gaji Kecil Dengan Imbalan Surga” yang tayang pada 11 Oktober 2019.

KESIMPULAN

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Judul artikel suntingan. Artikel asli Pikiranrakyat.com yang tayang pada pukul 14.14 WIB, 19 Juli 2020, adalah berjudul “Ma’ruf Amin: Pesantren Berpotensi Jadi Klaster Baru Virus Corona, Ini yang Saya Lebih Takutkan”.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4425

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya