Cek Fakta: Foto Jokowi Beri Minyak Goreng kepada Pebalap MotoGP

Tangkapan layar (screenshot) Akun Facebook yang mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Joko Widodo tengah memberikan minyak goreng kepada pebalap MotoGP Miguel Oliveira.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook dengan nama pengguna “Azary Brian” (https://www.facebook.com/azhar.gary.73) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Joko Widodo tengah memberikan minyak goreng kepada pebalap MotoGP Miguel Oliveira.

Jorge Martin Ancam Cabut Jika Ducati Pilih Marc Marquez di MotoGP 2025

NARASI:

“Juara 1 dapat trofi ?
Juara 1 dapat minyak ?
Miguel Oliveira : Mayan dapet minyak, buat stok dirumah ????”

Kesal Selalu Isi Rombongan Paling Belakang di MotoGP, Zarco Minta DNA Motor Honda Diubah

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, foto itu merupakan foto hasil suntingan. Faktanya, foto asli menunjukkan Presiden Jokowi yang menyerahkan trofi MotoGP kepada Miguel Oliveira yang memenangkan putaran Grand Prix Indonesia di Mandalika pada 20 Maret 2022.

Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

Foto serupa telah dimuat dalam artikel medcom.id dengan judul artikel “Foto: Jokowi Serahkan Trofi Juara MotoGP Mandalika kepada Miguel Oliveira”. Lebih lanjut, cuplikan pemberian trofi oleh Jokowi juga dapat dilihat dalam unggahan kanal YouTube “MotoGP” berjudul “Miguel The Master of New Circuits | 2022 #IndonesianGP pada menit 4:03 hingga 4:06.

Dengan demikian, foto hasil tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Azary Brian” (https://www.facebook.com/azhar.gary.73) itu dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

KESIMPULAN

Foto hasil suntingan. Faktanya, foto asli menunjukkan Presiden Jokowi yang menyerahkan trofi MotoGP kepada Miguel Oliveira yang memenangkan putaran Grand Prix Indonesia di Mandalika pada 20 Maret 2022.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9511

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya