5 Berita Terpopuler: Pengakuan Linda, Tren Impor Baju Bekas hingga Viral Petugas Tol Hambat Damkar

Terdakwa Linda Pujiastuti saat sidang kasus narkoba di PN Jakbar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

VIVA Round Up – Sidang kasus narkoba yang menjerat mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa masih terus bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Dalam persidangan Rabu, 15 Maret 2023 lalu, terdakwa lainnya dalam perkara tersebut, Linda Pujiastuti alias Anita, mengungkapkan bahwa dia pernah pergi ke pabrik sabu di Taiwan bersama dengan Teddy. 

Di hadapan majelis hakim, Linda menjelaskan ada kode 'Buy 1 Get 1' dalam lobi bisnis antara Teddy dengan pabrik sabu Taiwan tersebut.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Linda Pujiastuti, Terdakwa kasus Narkoba Jaringan Teddy Minahasa

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Soal pengakuan Linda tersebut, Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Krisno Halomoan Siregar angkat bicara. 

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Respons Polri terhadap pengakuan Linda itu menjadi berita yang paling banyak menarik perhatian pembaca VIVA, Selasa, 21 Maret 2023.

Berita lainnya yang juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA yaitu soal tren thrifting atau membeli barang bekas makin marak terjadi pada masyarakat modern dunia, termasuk Indonesia. 

Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Selasa, 21 Maret 2023 yang VIVA rangkum dalam tulisan round up:

1. Linda Ngaku Pergi ke Pabrik Sabu di Taiwan Bareng Teddy Minahasa, Polri Merespons

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Krisno Halomoan Siregar buka suara soal pengakuan terdakwa Linda Pujiastuti alias Anita yang pernah pergi ke pabrik sabu di Taiwan, bersama mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa Putra. 

Gedung Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

“Tanya saja sama Bu Linda. Saya kerja samanya sama internasional nih. Saya dengan intelijen dengan sumber informasi di sana itu juga banyak. Jadi tanya sama Bu Linda, jangan tanya sama saya,” kata Krisno di Mabes Polri pada Senin, 20 Maret 2023.

Tentu, Krisno menyebut Polri akan menindaklanjuti informasi apabila yang dikatakannya itu benar. Namun, ia menegaskan jangan mempertanyakan atas apa yang disampaikan oleh terdakwa Linda.

“Percayalah, kalau kita tangkap kita bilang sumbernya dimana. Jadi, jangan ditanya kepada saya sesuatu yang saya enggak guna,” jelas dia. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Teddy Minahasa Bilang Polisi Biasa Sisihkan Narkoba untuk Dikonsumsi, Begini Respons Brigjen Krisno

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Krisno Halomoan Siregar menepis pengakuan mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa Putra terkait ada oknum polisi yang sering menyisihkan narkoba untuk dikonsumsi secara pribadi. 

Terdakwa kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa bersama tim kuasa hukumnya

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

“Itu tanya lagi ke Pak Teddy. Maksudnya dari aspek saya adalah kita membuat SOP, ya,” kata Krisno di Mabes Polri pada Senin, 20 Maret 2023.

Menurut dia, pihak kepolisian dalam mengamankan barang bukti narkoba dan lainnya harus transparan. Bahkan, Kepala Kepolisian Republik Indonesia alias Kapolri harus mengetahui pengelolaan barang bukti tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Negara-negara yang Industri Tekstilnya Hancur Digerogoti Perdagangan Pakaian Bekas Impor

Tren thrifting atau membeli barang bekas makin marak terjadi pada masyarakat modern dunia, termasuk Indonesia. Dengan pro-kontra yang mengiringinya, tren ini disebut-sebut memiliki sejumlah dampak negatif seperti pada aspek kesehatan, lingkungan, keamanan, bahkan perekonomian. 

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, sejak tahun 2015 Pemerintah telah melarang praktik impor pakaian bekas, melalui Peraturan Menteri Perdagangan No. 51/2015.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"Artinya, selama ini thrifting atau jual beli pakaian bekas impor adalah sebuah transaksi jual beli yang ilegal, karena pakaian bekas impor dikategorikan sebagai limbah mode dan dilarang untuk diimpor masuk karena terkait dengan aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan," kata Arsjad dalam keterangannya, Senin, 20 Maret 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Luhut Buka-bukaan Ketakutan Pemerintah Bila Tak Jor-Joran Kembangkan Kendaraan Listrik

Pemerintah Indonesia tengah berupaya keras untuk segera menerapkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), dengan kebijakan pemberian insentif atau subsidi untuk pembelian motor dan mobil listrik. 

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, apabila Indonesia tidak bergerak cepat dalam mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik, maka akan ada risiko besar yang akan dihadapi Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • istimewa

"Belajar dari beberapa negara tetangga kami yang juga mendorong industri KBLBB dengan berbagai insentif, Indonesia bisa memiliki risiko besar dengan hanya menjadi pasar untuk KBLBB, kalau kita tidak bertindak cepat," kata Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Senin, 20 Maret 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Viral Petugas Tol Hambat Mobil Damkar Melintas, Jasa Marga Angkat Bicara

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad akhirnya memberikan klarifikasi guna menanggapi video yang beredar, terkait petugas customer service di gerbang tol Jatiwarna Bekasi, yang diduga menghambat perjalanan Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar). 

Kejadian yang terjadi di Gerbang Tol Jatiwarna 1 itu, sebelumnya sempat viral di media sosial. Dalam potongan video yang diunggah di akun instagram @net2netnews, terlihat seorang petugas customer service gerbang tol yang tengah berada mulut dengan petugas Damkar.

Marcomm Dept. Head Jasamarga Metropolitan, Panji Satriya, menyampaikan permohonan maaf pihak Jasa Marga atas ketidaknyamanan yang terjadi di lapangan tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya